Selasa, 11 November 2014

GERAKAN MENCABUT PAKU DI POHON WILAYAH KODIM 0727/KARANGANYAR





Kodim 0727/Karanganyar melaksanakan gerakan mencabut paku di pohon secara serentak di sepanjang Jl. Lawu Kab. Karanganyar dalam rangka meningkatkan kepedulian masayarakat didalam menjaga dan merawat kelestarian tanaman atau pohon sebagai wujud mencintai lingkungan hidup sekaligus memperingati Hari Sumpah Pemuda, Hari Cipta Puspa, dan Keanekaragaman Hayati  dan Hari Pahlawan serta sebagai upaya memantapkan kemanunggalan TNI dan rakyat. Tenaga yang dikerahkan dari unsur TNI 175 orang, ORMAS 115 orang, Pemda 50 Orang, Polri 50 orang, masyarakat 140 orang dan pelajar 2.040 orang dan paku yang didapatkan ± 24.5 kg.
Lebih lanjut Dandim mengatakan Pohon juga makhluk hidup, meskipun ia tak punya nyawa seperti manusia tapi ia adalah ciptaan Tuhan yang harus dilindungi dan dijaga. Ia pasti akan menangis karena ia yang tak bersalah, malah menjadi korban keegoisan manusia. Pohon telah memberi banyak manfaat bagi kehidupan manusia.


Pepohonan di kota mungkin adalah sosok yang sangat rentan terhadap aksi pemakuan. Apalagi banyak reklame bertebaran di pepohonan pinggir jalan. Iklan produk dagang tak kalah semaraknya menancap tajam di pepohonan. Tak jarang ditemukan spanduk himbauan pelestarian lingkungan dipasang dengan menjerat pohon dengan tali atau memakunya di pepohonan. Apalagi paku yang berkarat, akan menyebabkan kerusakan pada jaring dan sel pohon, dampaknya pengeroposan kambium dalam pohon akan lebih cepat.

            Semakin hari semakin banyak saja tanaman di pinggir jalan yang rusak atau mati. Bukan karena ditebang secara ilegal seperti di dalam hutan, tetapi fungsi pohon yang sebagai peneduh, penghijuan di jalan, penyerap air, serta keindahan kota kini telah berubah. Bisa kita lihat banyak pohon yang mati akibat sengaja "dibunuh" oleh manusia yang tidak bertanggung jawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Forkopimca Gondangrejo Gelar Halal Bihalal 1 Syawal 1445 H

KARANGANYAR — Kapten Cba Suryanto Danramil 17/Gondangrejo beserta anggota bersama Forkopimca Gondangrejo menghadiri acara Halal Bihalal di h...