Selasa, 11 November 2014

UPACARA 10 NOVEMBER 2014 DI SEKDA KABUPATEN KARANGANYAR





Dalam rangka peringatan Hari Pahlawan tahun 2014 Pemda Kabupaten Karanganyar  melaksanakan upacara bendera dengan Irup Bupati DRS Juliyatmono, MM dihadiri oleh Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, S.Sos, Wakil Bupati Karanganyar, Muspida, Muspika, Kapolres Karanganyar bertempat di SEKDA, Senin (10/11).

Tanggal 10 November dipilih sebagai Hari Pahlawan karena pada saat itu para pejuang kita bertempur mati-matian untuk melawan tentara Inggris di Surabaya.Padahal saat itu kita hanya mempunyai beberapa pucuk senjata api, selebihnya para pejuang menggunakan bambu runcing. Namun para pejuang kita tak pernah gentar untuk melawan penjajah. 

Pertempuran Surabaya merupakan peristiwa sejarah perang antara pihak tentara Indonesia dan tentara Inggris.. Peristiwa besar ini terjadi pada tanggal 10 November 1945 di Kota Surabaya, Jawa Timur. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme

Komandan Kodim 0727/Karanganyar mengatakan Makna utama yang perlu kita teladani dan relevansinya tak lekang oleh waktu adalah rasa "kebersamaan" sebagai satu bangsa, meski ada perbedaan keyakinan, suku, pandangan politik, strata sosial dan sebagainya. Namun berkat satu keinginan, perbedaan tersebut bukan menjadi penghambat kebersamaan para pejuang dulu untuk meraih dan mempertahankan kemerdekaan.Artinya "rasa kebersamaan" itu tetap ada dan akan selalu ada. Namun wujud kebersamaan itu akan lebih baik jika diimplementasikan kedalam kehidupan sehari-hari, tidak hanya bersifat situasional saja. Sulit memang tapi paling tidak dimulai dari lingkungan keluarga kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...