Senin, 17 November 2014

KOLONEL KAV ARIEF SUSILO DITERIMA OLEH LETKOL INF. MARTHEN PASUNDA, S.SOS DALAM RANGKA BERZIARAH KE ASTANA GIRI BANGUN




Pada sekitar pukul 16.00 WIB  Kamis, 13 November 2014, Peserta Kursus Kepemimpinan Manajemen Pertahanan Kol. Kav. Arief Susilo dan Rombongan + 32 orang melakukan Ziarah di Makam Astana Giribangun dan Makam HM. Lukminto, rombongan diterima oleh Komandan Kodim 0727/Karanganyar  Letkol Inf. Marthen Pasunda, S.Sos didampingi Danramil 01 dan 07 Dim 0727/Karanganyar. 

Secara umum, arti dari kata ‘ziarah’ adalah menengok, ziarah kubur memiliki tujuan agar kita bisa mengambil i’tibar atau pelajaran, seperti mengingatkan kita akan alam akhirat di mana segala amal perbuatan kita sewaktu di alam dunia akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah Swt. Berziarah kubur dianjurkan karena selain dapat mengingatkan kita kepada datanganya hari kematian juga akan memberikan kebahagiaan kepada si mayit (ahli kubur) karena telah dikirimi doa-doa, bacaan Yaasiin, sedekah, dll, dari orang yang masih hidup

Muhammad Lukminto, pendiri dan pemilik PT Sri Rejeki Isman Textile (Sritex), meninggal dunia di Singapura pada 5 Februari 2014 sebelum meninggal beliau sudah membangun kompleks pemakaman keluarga di Delingan, Kecamatan/Kabupaten Karanganyar, sejak 2008. Lokasi makam terletak sekitar 20 kilometer di timur Surakarta, Jawa Tengah, bersebelahan dengan Taman Memorial Delingan, pemakaman khusus Tionghoa. Dari Jalan Raya Lawu, jaraknya sekitar 500 meter melewati perkampungan.

Astana Giribangun dikenal sebagai makam keluarga Presiden kedua Indonesia HM. Suharto. Di atas Astana Giribangun di lereng tenggara, berdiri makam keluarga Istana Mangkunegaran, yakni Astana Mangadeg. Makam keluarga pecahan dinasti Mataram tersebut, terletak di Desa Karang Bangun, Kecamatan Matesih, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Sebagai leluhur di atasnya Astana Mangadeg melindungi atau orang Jawa menyebutnya "hamemayungi" atau menjadi payung keberadaan makam anak cucunya.
Pada acara tersebut, Kol. Kav. Arief Susilo beserta rombongan doa bersama untuk para arwah leluhur dan menaburkan bunga di pusara para sesepuh dan pejuang yang telah mendahului kita. Meski berlangsung dengan sederhana acara ini dapat terselenggara dengan lancar dan khidmat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...