Kamis, 01 Agustus 2019

Bersama Penyuluh Pertanian dan Petani Babinsa Brantas Hama Tikus

Kodim Karanganyar – Antisipasi gagal panen Babinsa Koramil 06/Karangpandan Serma Totok Aristriyanto bersama penyuluh pertanian dan petani serta warga, melakukan perburuan tikus di dusun Tlogo desa Dayu Kecamatan Karangpandan, Jum’at 26/07/19.

Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian bersama dalam mendukung program ketahanan pangan di wilayah Kodim 0727 Karanganyar, khususnya wilayah Koramil 06/Karangpandan. Kegiatan pembasmian hama tikus ini dilakukan oleh Babinsa Koramil Karangpandan Serma Totok Aritriyanto yang mengampu Desa Dayu bersama masyarakat Desa Dayu, melaksanakan pengendalian hama tikus, agar dapat mengurangi dampak serangan hama tikus pada lahan pertanian milik warga.

Sebelum kegiatan dilaksanakan, para petani diberikan sosialisasi bagaimana caranya berburu hama tikus menggunakan obat hama yang sudah diberikan oleh Penyuluh pertanian dan diaplikasikan dipersawahan milik Warga.

"Menurut Serma Totok kegiatan berburu hama tikus tersebut sebagai upaya untuk mengurangi serangan jumlah populasi hama padi, khususnya tikus. Karena serangan hama tikus hampir setiap musim tanam, yang terjadi saat-saat beberapa hari lagi padi akan dipanen,”ungkapnya.

Penyuluh pertanian Bapak Sriyatno "ini merupakan salah satu dari beragam cara memberantas hama di sawah bagi para petani, selain dengan membunuh hama lewat bahan kimia. Yang jelas cara ini alami serta bisa menumbuhkan rasa kebersamaan dan kegotong royongan,” terangnya.

Sementara itu, Danramil Kapten Cba Sukino menjelaskan bahwa keterlibatan prajurit kewilayahan dalam kegiatan perburuan hama tikus tersebut sebagai upaya membantu petani dalam membasmi hama. Apa yang mereka lakukan tersebut menurutnya, merupakan pendampingan terhadap petani, sebagai tindak lanjut dari kesepakatan kerjasama TNI AD dengan Kementerian Pertanian dalam upaya peningkatan ketahanan pangan,"ujarnya.

(06-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Libur Lebaran Anggota Koramil Tawangmangu Melaksanakan Komsos Di Wisata Grojogan Sewu

KARANGANYAR — Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 08/Tawangmangu Kodim 0727/Karanganyar Serka Parno bersama Serda Anang melaksanakan Komu...