Rabu, 11 Maret 2015

SOSIALISASI GPPTT DI BALAI DESA NANGSRI KECAMATAN KEBAKKRAMAT - KARANGANYAR



Dalam upaya khusus untuk mensukseskan program swasembada pangan pada hari selasa tanggal 10 Maret 2015 dilaksanakan kegiatan sosialisasi Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GPPTT) yang membahas tentang cara menanam padi legowo. Bertempat dibalai desa Nangsri kecamatan Kebakkramat-Karanganyar. Kegiatan ini dihadiri DISTANBUNHUT Kabupaten Karanganyar, Pasiter Dim 0727/Karanganyar, Babinsa Koramil 03/Kebakkramat, PPL dinas Kabupaten Karanganyar, muspika Kecamatan Kebakkramat, kelompok tani, distributor pupuk  dan  pengecer pupuk Kecamatan Kebakkramat.
Sistem tanam jajar legowo merupakan suatu upaya memanipulasi lokasi pertanaman sehingga pertanaman akan memiliki jumlah tanaman pingir yang lebih banyak dengan adanya barisan kosong. tanaman padi yang berada dipinggir memiliki pertumbuhan dan perkembangan yang lebih baik dibanding tanaman padi yang berada di barisan tengah sehingga memberikan hasil produksi dan kualitas gabah yang lebih tinggi. Hal ini disebabkan karena tanaman yang berada dipinggir akan memperoleh intensitas sinar matahari yang lebih banyak (efek tanaman pinggir). 

Pasi Ter Kodim 0727/Karanganyar Kapten Kav Dwi Wahyu C yang turut hadir dalam kegiatan tersebut menyatakan dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para Babinsa sebagai pendamping para petani dapat menerapkan sistem tanam jajar legowo tersebut. Sistem tanam ini memiliki banyak manfaat diantaranya Dengan adanya baris kosong akan mempermudah pelaksanaan pemeliharaan, pemupukan dan pengendalian hama penyakit tanaman yaitu dilakukan melalui barisan kosong/lorong. Menghemat pupuk karena yang dipupuk hanya bagian tanaman dalam barisan dan juga Mengurangi kemungkinan serangan hama dan penyakit terutama hama tikus. Pada lahan yang relatif terbuka hama tikus kurang suka tinggal di dalamnya dan dengan lahan yang relatif terbuka kelembaban juga akan menjadi lebih rendah sehingga perkembangan penyakit dapat ditekan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...