Rabu, 11 Maret 2015

KEGIATAN PENGUKURAN HASIL TANAMAN DI KELURAHAN GAYAMDOMPO - KARANGANYAR

Cara menanam padi yang baik akan menentukan keberhasilan budidaya. Sekalipun cara menanam padi sawah dianggap budidaya mudah akan tetapi kegagalan panen masih sering terjadi, apalagi ketika tanaman padi terserang hama tikus, sudah bisa dipastikan hasil panen menurun sangat signifikan bahkan seringkali menyebabkan puso. Sekalipun mudah, jika kita menguasai teknik menanam padi dengan baik niscaya akan meningkatkan produktivitas pertanaman. Hal ini menginspirasi Koramil 01/karanganyar melaksanakan kegiatan pengukuran hasil tanam padi di desa harjosari kelurahan Gayamdompo – Karanganyar.

Pengukuran dilaksanakan pada selasa tanggal 10 Maret 2015 oleh Danramil 01/Karanganyar Kapten Inf Sulardi, Babinsa Koramil 01/Karanganyar, kelompok tani dan PPL gayamdompo. Bertempat di lahan milik bapak Srianto, cara tanam menggunakan sistem tanam jajar legowo 10 tancap.  Dengan hasil 1 Ha sebanyak 12.24 Ton.

            Danramil 01/Karanganyar menyatakan Sistem tanam jajar legowo memang telah terbukti dapat meningkatkan produksi padi secara signifikan dengan memperhatikan arah barisan tanaman dan arah datangnya sinar matahari. Lajur barisan tanaman dibuat menghadap arah matahari terbit agar seluruh barisan tanaman pinggir dapat memperoleh intensitas sinar matahari yang optimum dengan demikian tidak ada barisan tanaman terutama tanaman pinggir yang terhalangi oleh tanaman lain dalam mendapatkan sinar matahari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Wujudkan Pembentukan Sikap Anak Bangsa

Kodim Karanganyar - Dalam rangka membentuk sikap, kedisplinan, kekompakan, loyalitas dan kepedulian, rasa persatuan serta rasa tanggun...