Selasa, 09 September 2014

Kegiatan Biopori di Kodim 0727/Karanganyar



Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Marthen Pasunda, S.Sos, setelah menerima sosialisasi tentang pembuatan Lubang Resapan Biopori di Kodam IV/Diponegoro, langsung memerintahkan para Danramil jajaran Kodim 0727/Karanganyar untuk membuat lubang resapan biopori metode resapan air dengan maksud meningkatkan daya resap air pada tanah   berbentuk lubang (Selasa 12/8).

Pembuatan lubang resapan biopori Kodim 0727/Karanganyar target 30.000 lubang, sasaran di 17 Koramil dan di lahan Unit Intel, mulai pembuatan lubang tanggal 12 Agustus 2014 s.d 12 September 2014, hasil perkembangan sudah mencapai 22.151 lubang, sehingga untuk mencapai target, para Babinsa yang dibantu masyarakat meneruskan membuat lubang resapan biopori sesuai alokasi masing-masing.

            Manfaat Lubang Resapan Biopori (LRB) :          Meningkatkan daya resapan air. Sebagai contoh suatu permukaan tanah berbentuk lingkaran dengan diameter 10 cm, yang semula memiliki bidang resapan 78,5 cm2 setelah dibuat lubang resapan biopori dengan kedalaman 100 cm, akan memiliki luas bidang resapan 3218 cm2 atau 1/3 m2.     Membuat kompos alami dari sampah organik daripada dibakar. Sampah organik yang dimasukkan dalam lubang resapan biopori akan diuraikan mikroorganisme tanah menjadi kompos. Kompos dapat dipanen setiap periode tertentu dan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik berbagai jenis tanaman, Mengurangi genangan air yang menimbulkan penyakit, Mengurangi resiko banjir di musim hujan, Maksimalisasi peran dan aktivitas flora dan fauna tanah serta mencegah terjadinya erosi tanah dan bencana tanah longsor.(kodimkra@yahoo.com).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertandingan Persahabatan FC Gamma Menang Telak Atas Disparpora

Kodim Karanganyar –  Pertandingan Persahabatan FC Gamma Menang Telak Atas Disparpora Kodim Karanganyar  –  Pertandingan Persahabatan ...