UPACARA PERINGATAN HUT RI KE-70 TAHUN 2015 DI ALUN-ALUN KABUPATEN KARANGANYAR




Upacara peringatan detik-detik proklamasi kemerdekaan RI yang ke-70 tahun 2015 di Kabupaten karanganyar dilaksanakan di lapangan Alun-Alun Kabupaten karanganyar, pada hari senin 17 Agustus 2015. dalam upacara ini bertindak sebagai inspektur upacara dan pembaca Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia adalah Bupati Karanganyar Drs. Juliatmono, MM.

Upacara memperingati detik-detik proklamasi kabupaten Karanganyar diikuti pula oleh komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen pasunda, S.Sos, Kapolres Karanganyar, Wakil Bupati Karanganyar, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karanganyar, Siswa – Siswi SMA/MA/SMK seKabupaten Karanganyar, Anggota Yonif 413/Kostrad, Anggota TNI AU Lanud Adi Sumarmo, Anggota Polres karanganyar, Anggota FKPPI, Anggota Banser, Anggota Kokam, Anggota BPBD, Anggota MTA, Anggota Senkom, Anggota PPM, Anggota KNPI Kabupaten Karanganyar.

            Dalam Upacara tersebut dibacakan amanat Gubernur Jawa tengah yang menyatakan kita sebagai warga Negara Indonesia tidak terkecuali bahwa pada hari ini dapat merasakan betapa nikmatnya udara segar kemerdekaan Republik Indonesia yang telah berhasil direbut oleh para pendahulu, pejuang kusuma bangsa. Mereka berjuang dengan cucuran darah, linangan air mata hingga pengorbanan jiwa raga dan harta benda mereka. Pahlawan adalah mereka yang rela berkorban untuk Negara dan bangsanya, untuk itu sudah menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus bangsa agar dapat terus berubah maju. Maknai kemerdekaan dengan terus meningkatkan semangat kebangsaan, persatuan dan kesatuan.



Lebih lanjut dalam amanatnya Gubernur Jawa Tengah mengatakan bahwa kedaulatan politik Negara harus kita jaga sebagai bangsa yang merdeka, jangan satu bangsa asing pun mengintervensi, kita harus mampu berdiri tegak di atas kaki sendiri memenuhi kebutuhan dalam negeri tanpa bergantung pada satu Negara. Hal terberat yang harus dilakukan saat ini bukanlah berjuang tetapi mengisi Kemerdekaan dengan berbagai hal yang bermanfaat untuk Indonesia. Saat ini yang menjadi musuh bukan lagi bangsa asing atau penjajah namun sesama atau sebangsa sendiri maka Persatuan, Kesataun disetiap pelosok wilayah negeri harus kita jaga agar Indonesia tetap utuh menjadi Negara yang besar dengan Kebhinekaan Tunggal Ika.  

            Komandan Kodim 0727/Karanganyar diakhir kegiatan mengatakan  bahwa Kemerdekaan adalah sarana untuk mengekpresikan diri dalam membangun bangsa. Bahu membahu antar lapisan masyarakat demi mewujudkan Indonesia yang maju dan mandiri.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar