PENEN PADI KEGIATAN GP-PPT TAHUN 2015

“Upaya pemerintah dalam program ketahanan pangan akan terus digalakkan dan diupayakan dengan berbagai keterpaduan kegiatan. Sasaran produksi pangan terutama padi diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pangan masyarakat juga sebagai peningkatan pendapatan masyarakat terutama di wilayah Kabupaten Karanganyar” Ujar Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos dalam sambutannya di acara panen raya padi pada hari selasa tanggal 11 Agustus 2015 di kecamatan Kebakkramat-Karanganyar.

Kegiatan Panen raya dengan jenis padi ciherang dan sidenok dilahan seluas 25 Ha. Hasil padi yang diperoleh 9.1Ton/Ha. Panen padi saat ini sudah menggunakan mesin combine harvester. Lebih lanjut Dandim 0727/Karanganyar mengatakan penggunaan alat mini combine harvester  sangat membantu petani dalam panen, sistem kerja mesin ini sangat simple dan mudah dioperasikan. Tenaga yang diperlukan hanya tiga orang dan petani hanya membutuhkan 1-2 jam untuk memanen lahan seluas 1 Ha.

 Penggunaan mesin ini tidak banyak mengeluarkan tenaga dan waktu ekstra untuk merontokan padi dari tangkainya, dengan sekali jalan padi yang masih berdiri dihamparan sawah langsung bisa terpisah dari tangkainya dan siap dikemas. Damen atau pohon padi juga akan terpotong lembut. Keuntungan lainnya mesin ini tidak boros bahan bakar.

Kegiatan ini dihadiri pula Wakil Bupati Karanganyar, Camat Kebakkramat, Camat Jaten, Camat Tasikmadu, Kelompok tani Rukun Tani Papahan, Kelompok tani Sumbereji-Sroyo Jaten, Kelompok Tani Gemah Ripah-Kemiri Jaten, PPL, Babinsa Kebakkramat, Mahasiswa pendamping kelompok tani dan masyarakat sekitar. Pada kesempatan tersebut diserahkan pula bantuan pompa air kepada Gapoktan Gudi mulyo dan mini combine harvester kepada 3 kelompok tani.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar