Sabtu, 15 Februari 2020

Sintegritas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa Pantau Budidaya Ikan Lele


KodimKaranganyar - Sintegritas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa Pantau Budidaya Ikan Lele
KodimKaranganyar - Sintegritas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa Pantau Budidaya Ikan Lele
Dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan, Babinsa Harjosari Serda Wardoyo bersama Bhabinkamtibmas Aiptu Agus Triyono, melaksanakan pendampingan pada kelompok peternak Ikan Lele dengan sistem bioflok di desa Harjosari, kecamatan Karangpandan. Jum’at (07/02/2020)

Kelompok Peternak Ikan Lele yang merupakan program pemberdayaan Masyarakat bentukan dari pemerintah desa Harjosari ini dengan menggunkan dana dari dana desa anggaran 2019. Bantuan kolam yang diberikan ini tersebar di seluruh dusun yang ada di wilayah Harjosari, dan dikelola oleh pemuda  Karangtaruna per Dusun masing-masing.

Serda Wardoyo mengatakan, pembesaran lele dengan sistem bioflok tidak diperlukan lahan kolam yang luas untuk budidaya. Cukup kolam buatan menggunakan bahan terpal dengan rangka bambu atau besi, dengan kualitas air yang ditingkatkan menggunakan mesin airator yang memasok sirkulasi oksigen dalam kolam. Untuk bisa memperoleh hasil budidaya ikan lele yang baik pada kolam bioflok, kunci utamanya terletak pada pengaturan makanan, kondisi air, dan suhu air,” ujarnya.

KodimKaranganyar - Sintegritas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa Pantau Budidaya Ikan Lele
KodimKaranganyar - Sintegritas Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Perangkat Desa Pantau Budidaya Ikan Lele
“Suhu yang berubah-berubah dan pengkondisian air yang kurang baik akan mengakibatkan ikan banyak yang mati, sehingga perlu perlakuan khusus agar kondisi kolam tetap stabil. sehingga bisa membuat ikan lele berkembang dengan baik,” tambah Aiptu Agus.

Kasi pelayanan Desa Harjosari, "mengucapkan terimakasih pada Babinsa dan Bhabinkamtibmas yang selalu mendampingi kami dalam pengecekan kegiatan pemberdayaan masyarakat, yaitu pembudidayaan ikan lele. Sehingga dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan kami, agar bisa mendapatkan penghasilan tambahan,” ungkap Edi.

(06-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...