Kamis, 04 Juli 2013

Latihan Menembak Senjata Ringan


Guna meningkatkan kemampuan setiap Prajurit Kodim 0727/Karanganyar dalam hal menembak, diperlukannya latihan guna mengasah kemampuan seorang prajurit TNI AD pada umumnya dan Prajurit Kodim 0727/Karanganyar pada khususnya. Latihan menembak Triwulan II TA. 2013 berlangsung di lapangan tembak milik Yonif 413/6 Kostrad.
Latihan menembak tersebut diikuti oleh seluruh personel baik Perwira, Bintara dan Tamtama Kodim 0727/Karanganyar yang dilaksanakan pada Triwulan II TA. 2013 selama dua hari ( 12 & 13 Juni 2013 ) sebagai pelaksana latihan menembak dikoordinatori langsung oleh Pasi Opsdim, Kapten Inf Lili Sutarjo. Menurut Koordinator Latihan, bahwa tujuan latihan menembak kali ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menembak senjata Pistol dan senapan untuk tingkat perorangan sesuai TOP/DSPP yang berlaku. Untuk jenis Senjata yang dipakai oleh Perwira melaksanakan menembak Pistol (P-1), sedangkan untuk personel Bintara dan Tamtama melaksanakan menembak senjata laras panjang ( M-16).
 Ia mengatakan, sasaran yang ingin dicapai pada latihan menembak ini adalah Bintara dan Tamtama mampu menembak senapan yang pada pelaksanaannya mulai dari tembakan koreksi dasar senapan, tembakan pengelompokan dan penembakan penilaian dengan nilai minimal, perkenaan munisi dilesan 60 % dan akumulasi nilai perkenaan munisi di lesan 65 % sedangkan untuk Perwira mampu menembak Pistol dengan nilai minimal, perkenaan munisi dilesan 60 % dan akumulasi nilai perkenaan munisi di lesan 65 %. Untuk penembak Senpi M16 A1 menggunakan tiga sikap menembak yaitu sikap tiarap, duduk/jongkok dan berdiri dengan jarak 100 meter sedangkan penembak jenis pistol berjarak 15 meter.
Sebelum pelaksanaan latihan, koordinator Latihan Kapten Inf Lili Sutarjo menekankan tentang faktor keamanan yang dinilai sangat penting dalam setiap pelaksanaan kegiatan latihan, untuk itu perlu dipedomani Protap Satuan tentang pengamanan latihan terutama latihan menembak. 
Selain itu kegiatan Menembak bertujuan guna memelihara dan meningkatkan kemampuan menembak senjata perorangan yang merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh setiap prajurit Kodim 0727/Karanganyar, maka kemampuan itu harus selalu dibina baik itu dengan melaksanakan acu bidik maupun menembak dengan munisi tajam.
Dandim 0727/Karanganyar Letkol Inf Eddy Basuki menyampaikan bahwa para personil yang melaksanakan latihan menembak agar mengikutinya dengan serius agar hasilnya maksimal sehingga kemampuan menembak para prajurit Kodim 0727/Karanganyar terus meningkat dari sebelumnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...