SOSIALISASI PEMBENAHAN TANAH PERTANIAN DI WILAYAH KODIM KARANGANYAR

Rabu tanggal 7 Februari 2017 pukul 10.00 s.d 11.30 di Hotel Taman Sari jl. Lawu Raya 98 Karanganyar telah berlangsung Sosialisasi Pembenahan Tanah Pertanian di Wilayah Kabupaten  Karanganyar yang diselengarakan  Kodim 0727/Karanganyar.  Hadir dalam kegiatan tersebut lebih kurang 70 orang, antara lain :


a. Letkol CZI Santy Karsa Tarigan (Dandim 0727/Karanganyar)
b. Budi Sutrisno (Dispertan Karanganyar)
c. Pa dan Danramil Jajaran Kodim 0727/Karanganyar.
d. Perwakilan Perusahaan di wilayah Karanganyar.

Pada kesempatan tersebut Komandan Kodim 0727/Karanganyar menyampaikan Ucapan terimakasih atas kehadiran bapak ibu sekalian atas kehadiran dalam kegiatan kami dalam rangka Sosialisasi Pembenahan Tanah lahan pertanian untuk meningkatkan ketahanan pangan dan kesejahteraan petani di wilayah Kabupaten Karanganyar. TNI dalam mendukung program pemerintah dalam mewujudkan ketahanan dan swasembada pangan di wilayah kabupaten Karanganyar melalui pendampingan Dinas Pertanian berusaha meningkatkan provitas hasil pertanian sebagai hasil pembenahan tanah. Pemerintah sampai dengan tahun 2016 sudah tidak lagi mengimpor beras sehingga hal ini perlu adanya peningkatan hasil pertanian tentunya dengan cara-cara dan teknik yang perlu adanya pengkajian dan kerjasama antar instansi terkait.

Lebih lanjut dalam sambutannya beliau mengatakan Kodim 0727/Karanganyar mempunyai program mewujudkan ketahanan pangan melalui pembenahan lahan pertanian, diharapkan pada acara ini mendapatkan saran, masukan maupun dukungan dari berbagai pihak yang terkait agar pelaksanaan kegiatan yang direncanakan berjalan dengan baik, lancar dan sukses.Tujuan kegiatan yang dilaksanakan saat ini adalah untuk Meneliti secara ilmiah tentang kondisi kualitas tanah lahan pertanian di wilayah Kabupaten Karanganyar. Melakukan upaya pembenahan tanah lahan pertanian di wilayah Kabupaten Karanganyar. Meningkatkan nilai/angka provitas produksi pertanian khususnya tanaman padi di wilayah Kabupaten Karanganyar melalui program kegiatan pembenahan tanah. Mendukung Pemerintah untuk mewujudkan ketahanan dan swasembada pangan di wilayah Kabupaten Karanganyar melalui peningkatan provitas pertanian sebagai hasil dari kegiatan pembenahan tanah.

Ada beberapa Materi yang akan kita laksanakan dalam peningkatan pertanian antara lain :

1) Penelitian kualitas tanah lahan pertanian  melalui pengujian laboratorium BPTP yang direkomendasikan Pemerintah.
2) Pembenahan kualitas tanah melalui aplikasi pemberian Dekomposer Organik Beka dan pupuk organik Pomi.

Dikesempatan yang sama Bapak  Budi Sutrisno (Dispertan Karanganyar juga menyampaikan beberapa hal diantaranya...

a. Pendamping TNI kepada Dinas Pertanian merupakan program pemerintah dan sejauh ini dari 2013 s.d 2016 diwilayah Kabupaten Karanganyar selalu mengalami peningkatan.

b. Sampai saat ini luas tanah dan tanaman sudah kita dapat sehingga yang diperlukan saat sekarang meningkatkan hasil panen di setiap hektarnya karena kualitas kesuburan tanah pertanian Indonesia mengalami peningkatan secara signifikan.

c. Perubahan menjadi lahan kritis sebagai akibat dari pencemaran limbah industri/pabrik, pemakaian pupuk anorganik/kimia yang berlebihan sangat berpengaruh langsung terhadap produktivitas hasil pertanian secara nasional yang akan berujung menurunnya tingkat ketahanan pangan nasional dan juga tidak kesejahteraan petani.

d. Sehingga perlu suatu upaya atau gerakan untuk membenahi kembali tingkat kesuburan tanah pertanian (remidiasi/rekondisi tanah) yang mengalami depresi.
 Kegiatan ini berjalan dengan lancar hingga akhir...

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar