PERANAN MASYARAKAT DAN BABINSA DALAM MENJAGA FUNGSI SALURAN IRIGASI

PERANAN MASYARAKAT DAN BABINSA DALAM MENJAGA FUNGSI SALURAN IRIGASI

Saluran irigasi sekunder adalah saluran yang membawa air dari saluran primer ke petak-petak tersier yang dilayani oleh saluran sekunder tersebut. Batas ujung saluran ini adalah pada bangunan sadap terakhir. Fungsi dari saluran irigasi sekunder ini adalah membawa air yang berasal dari saluran irigasi primer dan diteruskan ke saluran irigasi tersier. Saluran irigasi itu mempunyai fungsi vital dalam mendukung swasembada pangan dan peningkatan produktivitas pertanian. Apalagi sekarang sedang digalakan program swasembada pangan, termasuk di dalamnya perbaikan irigasi. Selain itu, dengan perbaikan saluran irigasi, maka aliran air untuk pertanian di area persawahan menjadi lebih lancar, pemanfaatan air menjadi lebih efektif. Aliran air itu bisa sampai ke bagian ujung saluran irigasi, pada akhirnya seluruh area persawahan bisa memanfaatkan saluran irigasi tersebut.
Jika saluran irigasi bocor atau tersumbat maka kasihan petani yang berada di ujung irigasi,karena air yang dialirkan tidak merata dan tidak akan mencukupi kebutuhan tanamnya.



Inilah tindakan cepat yang diambil oleh Babinsa desa Suruhkalang Serka Kasmani dari hasil keluhan beberapa anggota gapoktan tentang saluran irigasi sekunder yang perlu perbaikan, sesuai dengan petunjuk Kapten KAV Dwi Wahyu C Danramil 04 Jaten, hari ini 08 Februari 2017 dimulai pukul 08.00 sampai selesai, dilaksanakan Karya bhakti perbaikan saluran irigasi sekunder di desa Suruhkalang, kegiatan tersebut diikuti oleh masyarakat setempat, beberapa perwakilan anggota Koramil 04 Jaten dan dipimpin langsung oleh Danramil 04 Jaten. Disela-sela waktu istirahat saat kegiatan karya bhakti berlangsung, Kapten KAV Dwi Wahyu C berpesan kepada masyarakat desa Suruhkalang khususnya para petani agar menjaga saluran irigasi sebagaimana fungsinya serta membersihkan secara rutin dari sampah dan rumput liar agar tidak menggangu fungsi saluran irigasi.
Dengan selesainya karya bhakti perbaikan saluran irigasi sekunder ini diharapkan nantinya, tidak ada kendala lagi para petani dalam mengerjakan sawahnya, sehingga hasil tanamannya akan lebih baik setelah tercukupi kebutuhan air, karena air kebutuhan yang sangat pokok dalam pertanian.
(BAS-GATUBIMA)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perjuangan Dandim 0727/Karanganyar yang Membuahkan Hasil

Militansi Wakil Bupati Karanganyar