Selasa, 21 April 2015

UPACARA PERINGATAN HARI KARTINI






Jepara, tanggal 21 April 1879 merupakan hari lahir RA.Kartini yaitu salah satu tokoh perempuan Indonesia yang berjuang demi membela kaumnya dari marginalisasi pendidikan, sosial, ekonomi dan budaya. Perjuangan yang dilakukan melalui tulisan dan surat-menyurat antar Kartini dengan beberapa rekan penanya, telah menghasilkan sebuah perjuangan yang sering dikenal dengan “emansipasi”. Makna kata ini tentu sangat dalam, terlebih makna emansipasi sering kali berkaitan erat dengan eksistensi perempuan di masa kini yang dapat dikatakan selangkah lebih maju ketimbang era perjuangan dulu.

 Penghormatan atas perjuangan beliau yang begitu besar tepat hari ini, 21 April 2015 seluruh wanita di Indonesia memperingati dengan berpakaian adat tak terkecuali  di Kabupaten Karanganyar. Para ibu dari Polres, Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XLVIII Dim 0727/Karanganyar, Dharma Wanita Kabupaten Karanganyar sudah berdandan cantik menggunakan kebaya mengikuti Upacara yang dipimpin Bupati Karanganyar Drs. juliatmono yang bertempat di Halaman Kantor Bupati Kabupaten Karanganyar.


Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S.Sos yang turut hadir dalam upacara tersebut mengatakan Hari Kartini sebagai penghormatan atas wujud perjuangan kaum perempuan, simbol persamaan gender, emansipasi wanita. Kartini ada sebagai pahlawan, bukan dengan tindakan kekerasan, demi memperjuangkan kebenaran yang dipercayainya.Diharapkan dengan semangat Kartini kita tingkatkan kualitas hidup perempuan melalui pendidikan dan pemberdayaan ekonomi kreatif untuk mewujudkan keluarga kecil berkualitas.
 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...