Rabu, 08 Juli 2015

TEMU LAPANG DISPLAY VARIETAS UNGGUL BARU (VUB) INPARI 31 DAN INPARI 33 KABUPATEN KARANGANYAR

Balai Pengkajian Teknologi Pertanian  Jawa Tengah dan Badan Pelaksanakan  penyuluhan Pertanian, perikanan dan Kehutanan  menyelenggarakan temu lapang yang dilaksanakan di balai desa Kaliwuluh Kecamatan Kebakkramat-Karanganyar. Peserta yang hadir sebanyak 125 orang terdiri dari Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Marthen Pasunda, S. Sos, BP4K Kabupaten Karanganyar,  Kadistan Kebupaten Karanganyar, Penyuluh, Petani, Peneliti POPT, Mantri Tani, TNI/Babisa, Muspika Kecamatan Kebakkramat,Muspika Kecamatan Jaten dan Muspika Kecamatan Tasikmadu. Selasa(7/7/15).

Acara temu lapang dimulai dengan peninjauan lahan dari kelompok tani ‘Jaya Mulya yang dilanjutkan Panen Ubinan. BPTP jawa tengah pada musim tanam melaksanakan display/ adapatasi varietas unggul baru(VUB) padi sawah yang meliputi Inpari 31 dan Inpari 33. Kondisi pertanaman pada temu lapang saat yang tepat untuk panen, dengan memanfaatkan momen yang baik ini  langsung memberi kesempatan pada tamu yang hadir untuk turun ke sawah merasakan Panen Raya . dari hasil ubinan produktivitas yang diperoleh dengan menggunakan pupuk ZA perhektar 8,48 perTon, tanpa pupuk ZA hasil yang diperoleh 8,16 perTon.



Komandan Kodim 0727/Karanganyar yang menjadi narasumber dalam acara tersebut menyatakan dengan  penggunaan varietas unggul menunjukkan produktivitas lebih tinggi dibandingkan menggunakan varietas lainnya diharapkan dengan pengenalan ini para petani dapat mengganti benih padi yang biasa digunakan menjadi VUB Inpari 31 dan Inpari 33. Lebih lanjut Dandim 0727/Karanganyar mengatakan peran serta TNI dalam pertanian saat ini sebagai pendampingan PPL di lapangan sehingga diharapkan setiap kendala yang dihadapi petani dapat disampaikan kepada babinsa yang ada di desa-desa masing-masing.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...