Selasa, 11 Oktober 2011

TMMD REGULER KE 87 KODIM 0727/KRA











GEGAP GEMPITA TMMD REGULER KE 87
YANG DIBUKA  PANGDAM IV/DIP
DI WILAYAH KODIM 0727/KARANGANYAR
TAHUN - 2011

        TNI  Manunggal Membangun Desa yang ke-87 Tahun 2011, adalah merupakan sarana yang sangat ampuh bagi TNI  dalam rangka melestari-kan dan memperkokoh Kemanunggalan TNI dengan rakyat.  Sebagaimana kita ketahui bersama, program TMMD adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Kementerian dan Pemerintah Daerah serta segenap lapisan masyarakat.  Begitulah amanat Kepala Staf Angkatan Darat (selaku PJO) dalam upacara pembukaan TMMD Reguler Ke-87 TA. 2011 di wilayah Kodim 0727/Karanganyar, yang dibacakan oleh Pangdam IV/Diponegoro di Lapangan Desa Puntukrejo, Kec. Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar.  
        Selain itu, Kasad juga mengatakan “TMMD juga merupakan sarana bagi usaha-usaha mengkokohkan persatuan dan kesatuan bangsa,  mengatasi kesulitan yang terjadi di daerah serta percepatan pembangunan desa dalam upaya menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Melalui Program TMMD, diharapkan dapat membantu mewadahi dan mewujudkan aspirasi dan kepentingan masyarakat didaerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya yang melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem Bottom Up Planning”.
        Upacara pembukaan Program TMMD Reguler Ke-87 Tahun 2011 di Wilayah Kodim 0727/Karanganyar dilaksanakan tanggal 10 Oktober 2011 di lapangan Desa Puntukrejo Kec. Ngargoyoso Kab. Karanganyarar dan dibuka secara resmi oleh Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Ir. Mulhim Asyrof.  Upacara diikuti oleh ; 59 personil Yonif 408/Sbh, 31 personil Grup-2 Kopassus, 10 personil TNI-AU, 10 personil Zipur 4 dan seluruh personil Kodim 0727/Karanganyar serta masyarakat dan Pelajar yang ada di Kecamatan Ngargoyoso.   Disamping itu juga dihadiri oleh Dinas/Instansi Kabupaten Karanganyar, Linmas, Ormas, serta lebih dari 2.000 orang lebih warga masyarakat Desa Puntukrejo  yang membanjiri lapangan upacara.   Upacara juga dimeriahkan oleh tampilan Reog dan music thek-thek yang dimainkan oleh warga masyarakat sekitar Ngargoyoso.
        Hadir dalam acara tersebut antara lain, Kapolda Jateng, Para Pejabat Provinsi Jawa Tengah, para Pejabat Wilayah Kabupaten Karanganyar, Danrem 074/Warastratama, Asintel Kasdam IV/Dip, Aspers Kasdam IV/Dip, Aslog Kasdam IV/Dip, Aster Kasdam IV/Dip, Kepala Dinas se Kab. Karanganyar, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan tamu undangan lainnya.
        Kiranya amat tepat apabila TMMD tahun ini yang mengambil tema ; ”Melalui TNI Manunggal Membangun Desa, Kita Tingkatkan Sinergitas dan Integritas Lintas Sektoral dalam rangka Meningkatkan Akselerasi Pembangunan dan Memberdayakan Masyarakat di Daerah Pedesaan dalam mewujudkan Ketahanan Wilayah yang Tangguh Guna Keutuhan  Negara Kesatuan Republik Indonesia”,  mudah-mudahan tema tersebut dapat memotivasi dan memaksimalkan pencapaian sasaran TMMD Ke-87. 
      Dalam penekanan Kasad yang dibacakan oleh Pangdam IV/Diponegoro memberikan arahan ingin menyampaikan beberapa hal untuk dipedomani oleh para prajurit di lapangan.
Pertama.   Penugasan TMMD ini merupakan suatu kehormatan bagi prajurit TNI. Oleh karenanya laksanakan secara profesional, penuh keikhlasan dan tanggung jawab,  serta tetap memperhatikan kewaspadaan dan kesiapsiagaan.
Kedua.     Bangun soliditas dan sinergitas yang kokoh antar sesama prajurit TNI, Polri, aparat pemerintah dan komponen masyarakat lainnya, guna mengoptimalkan pelaksanaan TMMD ini.
Ketiga.     Jadilah contoh dan sumber inspirasi bagi masyarakat dalam membangun daerahnya menuju kemandirian serta kepatuhan terhadap hukum dan ketentuan yang berlaku.
Keempat.    Hormati dan fahami adat istiadat dan budaya setempat, serta senantiasa berinteraksi secara positif dengan masyarakat, melalui sikap dan perilaku prajurit TNI yang mencintai dan dicintai rakyat, dalam rangka memperkokoh Kemanunggalan TNI – Rakyat.
Kelima.       Manfaatkan segala dukungan secara maksimal, efektif dan efisien agar penyelenggaraan TMMD dapat berhasil serta berdayaguna, sesuai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan.
Kegiatan TMMD Reguler ke-87 tahun 2011 di Desa Puntukrejo, Kecamatan Ngargoyoso memiliki sasaran Program pembangunan, antara lain ; Masjid ukuran 6x6 meter di Dusun Gelang, pembangunan Jembatan 5x3x5 meter di Dusun Krancangan, Pengecoran jalan sepanjang 3.500 meter dan lebar 2,5 meter tersebar diseluruh dusun-dusun se-Desa Puntukrejo serta merehab rumah rakyat sebanyak 5 buah rumah, dengan pelaksanaan program hingga tanggal 30 Oktober 2011 dengan melibatkan 150 orang dari TNI, Pemda, Ormas dan masyarakat.
Dalam rangkaian kegiatan pembukaan tersebut, Pangdam IV/ Diponegoro, Kapolda Jateng beserta sejumlah pejabat terkait, meninjau pelaksanaan pengobatan massal bagi warga masyarakat Desa Puntukrejo serta dilanjutkan meninjau lokasi sasaran TMMD, diantaranya berupa pengecoran/pembangunan jalan dan jembatan di Dusun Krancangan.
Program TMMD dilakukan pembangunan yang bersifat fisik dan non fisik, dimana sasaran kegiatan fisik lebih ditujukan kepada pembangunan infrastruktur sarana dan prasarana yang betul-betul menyentuh kepentingan masyarakat di daerah. Program-programnya diharapkan dapat membantu isolasi daerah, guna mendorong tumbuh berkembangnya usaha-usaha masyarakat dibidang ekonomi, karena akan membuka akses yang lebih luas untuk pemasaran produk-produk yang dihasilkan. Sedangkan sasaran kegiatan non fisik diarahkan untuk mendorong tumbuh kembangnya inovasi dan kreativitas masyarakat didesa di dalam meningkatkan kualitas hidupnya yang lebih baik, lebih maju, lebih sejahtera dan mampu mandiri.  Rangkaian kegiatannya  yang dilaksanakan dalam program kegiatan non fisik, di antaranya berupa penyuluhan-penyuluhan ; Bidang Wawasan Kebangsaan, Bidang Kamtibmas/bahaya narkoba, Bidang Kesejahteraan masyarakat (Kesra), Bidang Pembinaan Mental dan Kerohanian, Bidang Ketrampilan Penerapan Teknologi Tepat Guna, Bidang Kadarkum, Sosialisasi PPBN & Anatomi terorisme dan Pengobatan Massal serta Teknis Penanggulangan bencana alam.

      Komandan Kodim 0727/Karanganyar



                                                                         Eddy  Basuki
                                                          Letkol  Inf NRP11930078851270


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...