Minggu, 21 Januari 2024

Sukseskan Program Pemerintah Bebas Polio, Babinsa Karangbangun PIN Polio

KARANGANYAR — Sabtu 20 Januari 2024 Serda M. Fajar Babinsa desa Tohkuning anggota Koramil 06/Karangpandan melaksanakan pemantauan POS PIN "Mari Sukseskan Kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional ( Sub Pin ) Polio di kecamatan Karangpandan" di balai Desa Tohkuning.

Pemberian Imunisasi tetes polio tersebut, dilaksanakan sebagai upaya pencegahan terhadap penyebaran virus polio yang berpotensi menyerang anak usia 0-7 tahun 11 bulan. Hal ini dilakukan sekaligus juga untuk menciptakan kekebalan atau imunitas pada anak.

Polio merupakan penyakit berbahaya, dan proses menularnya cepat, Polio tidak dapat diobati dan dapat menimbulkan kecacatan secara permanen. Namun penyakit ini dapat dicegah dengan cara melakukan imunisasi.

Guna sukseskan program Pemerintah Bebas Polio, Babinsa Karangbangun dampingi petugas Nakes di wilayah binaan.

Dalam hal ini, Polio merupakan penyakit berbahaya. Sertu Usman selaku Babinsa Karangbangun menyampaikan. Sampai saat ini diwilayah Kecamatan Karanganyar, pemberian imunisasi polio tetes pada anak telah dilaksanakan secara serentak termasuk Desa Karangbangun yang saat ini sedang berlangsung. Ke ikut sertaan Babinsa dalam pendampingan kegiatan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tersebut sebagian sudah menjadi kegiatan sehari-hari dalam melaksanakan tugas kewilayahan.

Sementara Bidan Desa Karangbangun mengatakan "Virus Polio dapat membuat buah hati cacat seumur hidup, pasalnya, anak usia 0 – 12 tahun sangat rentan terserang berbagai virus dan penyakit lainnya. Untuk mencegah, maka Pemerintah memberikan imunisasi Polio dengan gratis sebagai upaya preventif terhadap penyakit sekaligus menciptakan kekebalan imun dalam tubuh sang anak. Sehingga, manakala nantinya ada penyakit yang menyerang maka kondisi anak sudah kebal ataupun penyakit yang dialami bisa lebih ringan diatasi karena telah di vaksin Polio "Ungkap Usman".

Selain itu, Usman juga menyampaikan bahwa peran Babinsa yang ada di Koramil 07/Matesih bersama dengan tim kesehatan selalu menggemakan dan mensosialisasi, motivasi kepada orang tua tentang pentingnya pemberian imunisasi polio yang merupakan salah satu imunisasi dasar yang diwajibkan untuk anak. "Imunisasi ini penting dilakukan, guna menambah kekebalan tubuh anak sehingga bisa terhindar dari virus polio yang rentan menyerang pada anak", Tutup Babinsa Karangbangun.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memperkuat Silaturohmi Ukhuwah Islamiyah Dalam Mewujudkan Umat Yang Berdaya Saing Dan Bermartabat

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., diwakili oleh Kepala Staf Kodim Mayor Chb Sutar...