Rabu, 09 November 2016

PANEN RAYA DI DESA JATI KECAMATAN JATEN -KARANGANYAR

 Karanganyar, Kasdim 0727/Karanganyar mewakili Dandim 0727/Kra Mayor Inf Octaviana EP menghadiri panen raya penerapan tehnologi jajar legowo super ukuran 2-1. Luas lahan yang dipanen 10 Ha dan  bibit yang ditanam berjenis  inpra 33-30. 
Lahan sawah tersebut milik kelompok tani Makaryo Tani yang beralamat di Desa Jati Kecamatan Jaten. Hadir dalam kegiatan tersebut Gubernur Jawa Tengah yang diwakili Kepala Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah IR Suryo Banedro MM yang menyampaikan bahwa Desa Jati telah didirikan kampung Jarwo yang mana selama 3 tahun ini bisa membuktikan adanya kemajuan dalam bidang pertanian dan sesuai tujuan negara, kita harus berswasembada pangan dengan itu kita bisa menentukan kebutuhan hidup layak dan tidak bergantung pada negara lain.

Lebih lanjut Gubernur menyampaikan bahwa  Dari Provinsi Jateng juga akan mengeluarkan kartu pertanian yang tujuanya untuk membantu para petani di Jawa Tengah agar hasilnya meningkat. Untuk itu dengan dilaksanakanya panen raya ini sekaligus diresmikannya Ds. Jati menjadi kampung Jarwo. 

Pada kesempatan tersebut perwakilan dari BPTP ( Balai Penyuluh Teknologi Pertanian) Jawa Tengah juga membacakan laporan  antara lain :

a. Dengan pertanian Jarwo super yang  didampingi oleh BPTP ( balai penyuluh teknologi pertanian) propinsi Jawa Tengah hasilnya meningkat dengan rata- rata hasil panen sebanyak 6,9 per hektar.
b. Kami menghimbau kepada para Gapoktan untuk meningkatkan dan menambah lahan serta lebih inten lagi agar kedepan hasil pertanian Ds. Jati bisa lebih baik lagi.
Kegiatan ini dihadiri lebih kurang 200 orang diantaranya:

a. Drs. Matri Agung (anggota DPR RI dari partai PKS)
b Ir. Suryo Banindro MM ( kepala dinas pertanian dan holtikultura Jateng)
c. Drs. Yuliatmono MM ( Bupati Karanganyar)
d. Ir. Rohadi Widodo Sp ( Wakil Bupati Karanganyar)
e.  Mayor Inf Oktavian Englana Partadimaja ( Kasdim 0727/ Kra)
f.  Kompol Ardi Purwoko ( Wakapolres Karanganyar)
g. Supramnaryo ( Kadis Pertanian Kab. Karanganyar)
h.  SKPD Kab. Karanganyar
i.   Kapten Dwi Cahyo ( Danramil 04/ Jaten)
j.   Akp Suryono ( Kapolsek Jaten)
k. Drs. Sutrisno ( Camat Jaten )

Bupati Karanganyar Drs Juliatmono mengatakan  Atas nama pemerintah daerah mengucapkan trimakasih atas pelaksanaan kegiatan panen padi jajar legowo di Ds. Jati  dan atas diresmikanya Ds. Jati menjadi kampung Jarwo hal ini merupakan kebanggaan seluruh masyarakat Karanganyar. D
Saat ini dapat dilihat usia produktif  petani yang ada sekarang rata - rata  sudah tua untuk itu diharapkan pada generasi muda untuk meneruskan, jangan takut terjun ke dunia pertanian karena sekarang ini sudah maju dimana pemerintah telah membantu dengan alat -  alat pertanian yang sudah canggih.

Lebih lanjut Bupati mengatakan Agar panen para petani lebih baik, selain dalam pengelolaanya ditingkatkan diharapkan para petani jangan lupa untuk bersedekah, karena apa yang namanya tanaman juga merupakan tanaman hidup sehingga tanaman tetap dijaga oleh Allah Swt, kita dapat melihat saat ini Jawa tengah sudah tidak kekurangan beras bahkan Jawa Tengah  sudah dapat mengirimkan beras ke provinsi lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...