Jumat, 05 Oktober 2012

GROPYOKAN HAMA TIKUS KODIM 0727/KRA


















Salah satu masalah yang kerap mengganggu petani adalah hama tikus. Sejak lama, tikus menjadi musuh petani yang kerap sukar diantisipasi. Oleh karenanya, demi mengantisipasi serangan hama tikus dalam rentang musim tanam Oktober 2012 hingga Maret 2013 dan untuk jangka waktu selanjutnya, maka Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan Kabupaten Karanganyar bekerja sama dengan Instansi terkait dan Kodim 0727/Karanganyar serta masyarakat secara serentak menggelar kegiatan pembersihan lahan yang bertajuk “Gropyokan” di Kecamatan Karangpandan, Karanganyar.

Sesuai namanya, yang bermakna “massal”, gropyokan menjadi upaya yang diharapkan dapat membantu petani untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam musim tanam kali ini. Selain dinas pertanian, sejumlah pihak terkait juga ikut serta dalam kegiatan tersebut, antara lain Balai Penyuluh Pertanian (BPP) Kecamatan Karangpandan, Kodim/Koramil, para kelompok tani, para kepala desa dsan masyarakat.

Serangan hama tikus pada tanaman padi di wilayah Karanganyar meluas mencapai sampai puluhan hektare yang tersebar di tujuhbelas kecamatan. Akibat meluasnya serangan tikus, Bupati Karanganyar, Hj Rina Iriani Sriratnaningsih,  mencanangkan gerakan pengen dalian hama tikus serentak di 17 kecamatan.     Hadir dalam pencanangan tersebut antara lain ; Bupati, Dandim 0727 /Karanganyar, Kapolres dan seluruh Kepala Dinas/Badan/Inst terkait se Kab Karanganyar serta Instansi tingkat Kecamatan dan desa.       Salah satu petani Desa Bangsri, Karangpandan, mengatakan, gropyokan tikus ini sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu. Pemberantasan hama hewan pengerat ini berhasil menangkap ribuan ekor tikus. Namun demikian, gropyokan tidak dilakukan serentak. “Tidak semua petani melakukan gropyokan Namun  setelah dicanangkan seperti ini pemberantasan harus rutin dilakukan di desa-desa,”     

Dandim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Eddy Basuki dalam sela-sela mernghadiri pencanangan menjelaskan, kegiatan ini berdampak positif untuk mengendalikan perkembangan hama tikus. Dengan demikian, hasil panen semoga akan cukup bagus. Dan menurutnya, hama tikus ini berkembang biak dengan cepat. Jika petani sedikit lengah membuat hama ini tumbuh pesat.    Lebih lanjut Dandim menerangkan, kondisi ini diperparah lantaran sawah garapan para petani tidak dilaksanakan secara serentak, dan untuk itu beliau mengajak para petani untuk antisipasi terhadap hama ini. Yakni, kontrol tanaman dan membersihkan pematang. “Masalahnya, petani kadang tidak bisa kompak saat gropyokan. Akibatnya, tikus leluasa menyerang dan berkembang pesat,” jelasnya.

                                                                                       Karanganyar,    Oktober  2012
                                                                                 Komandan Kodim 0727/Karanganyar


                                                                                          Eddy Basuki
                                                                        Letkol Inf NRP 11930078851270


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...