Senin, 07 Oktober 2024

Kodim Karanganyar Gelar Upacara HUT TNI Ke 79

KARANGANYAR — Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) berlangsung khidmat di Markas Komando Distrik Militer (Kodim) 0727/Karanganyar. Dandim Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., bertindak sebagai Inspektur Upacara, Sabtu 05 Oktober 2024.

Amanat Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto yang dibacakan oleh Dandim Letkol Army menyampaikan bahwa peringatan HUT TNI kali ini mengusung tema "TNI Modern Bersama Rakyat Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju".

Tema ini dianggap relevan dengan cita-cita TNI untuk menjadi prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga serta mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

"Bahwa tema ini menggarisbawahi peran penting Prajurit TNI sebagai pilar pertahanan negara yang bertanggung jawab dalam menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta mendukung percepatan program pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam mewujudkan Indonesia maju," ujar Panglima TNI.

Jenderal Agus juga menekankan bahwa perkembangan lingkungan strategis yang dinamis dan kompleks, termasuk perkembangan politik, ekonomi, dan teknologi, harus diikuti dengan penyiapan kapabilitas TNI yang memadai. "TNI harus diawaki oleh sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dan inovatif dalam membangun institusi yang modern," tambahnya.

Pada kesempatan tersebut, Panglima TNI mengingatkan seluruh Prajurit untuk selalu mengedepankan kepentingan rakyat di atas kepentingan pribadi. Sebab sikap dan tindakan yang kurang bijak dapat merusak jati diri TNI sebagai tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional, dan tentara profesional.

Panglima TNI juga menyampaikan rasa hormat dan penghargaan kepada seluruh prajurit atas dedikasi dan integritasnya dalam menjalankan tugas. Pada kesempatan ini, Panglima TNI mengajak seluruh prajurit dan keluarga besar TNI untuk memberikan apresiasi yang tulus kepada Presiden RI, Joko Widodo, atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Republik Indonesia.

Panglima TNI juga mengajak seluruh Prajurit untuk menyambut Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih. Dengan semakin dekatnya pelantikan presiden terpilih, Panglima TNI mengingatkan setiap prajurit TNI untuk semakin waspada dan tidak mudah terhasut oleh isu-isu provokatif yang berusaha memecah belah soliditas TNI.

"Pada masa kepemimpinan beliau nanti, TNI akan semakin kuat, berwibawa, dan disegani oleh negara-negara di dunia," tutupnya.(Sw-Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Koramil Kebakkramat Berikan LDK Siswa-Siswi SMU N1 Kebakkramat

KARANGANYAR - Latihan Dasar Kepemimpinan adalah sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan ini ...