Sabtu, 22 Agustus 2020

Rayakan Hari Veteran dan HUT RI ke 75, Ijo Organik Berbagi di Kampung LANSIA

KodimKaranganyarRayakan Hari Veteran dan HUT RI ke 75, Ijo Organik Berbagi di Kampung LANSIA

KodimKaranganyar - Rayakan Hari Veteran dan HUT RI ke 75, Ijo Organik Berbagi di Kampung LANSIA
KodimKaranganyar - Rayakan Hari Veteran dan HUT RI ke 75, Ijo Organik Berbagi di Kampung LANSIA
Merayakan Hari Veteran Nasional dan menyambut HUT RI Ke 75, produsen susu etawa, Ijo Organik  bersama komunitas PSC dan Karangtaruna Desa Sedayu melakukan aksi bersama peduli lansia. Kegiatan sosial ini diwujudkan dengan membagikan seratus lebih paket sembako di Desa Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karangnyar. Turut hadir Babinsa setempat Sertu Suwandono anggota Koramil 13/Jumantono, Sabtu 15 Agustus 2020.


“Pembagian dilakukan pagi tadi, dengan sistem jemput bola, yakni langsung memberikan kepada lansia. Proses pembagian pun juga dilakukan dengan menerapkan protokoler kesehatan yakni dengan pengecekan suhu badan, memakai masker dan mewajibkan untuk selalu jaga jarak atau physical distancing,”jelas alin, External Relations Ijo Organik.


Dikatakan Alin, pembagian sembako ini menyasar pada mereka yang sudah berusia lanjut atau lansia. Selain itu, target penerima juga menyasar pada veteran atau pejuang kemerdekaan. Pihaknya menyediakan sekitar seratus lebih sembako, berisikan antara lain, beras, telur, mie,  minyak, minuman seduh dan susu kambing etawa.


“Kami sengaja memberikan susu etawa, karena ijo organik merupakan produsen susu etawa dan kandungan nutrisi dari susu murni kambing etawa ini mengandung antibiotic alami yang bagus untuk pernafasan dan kalsium yang lebih tinggi dari susu sapi.  Dua nutrisi penting yang dibutuhkan oleh lansia,”tuturnya.


Pemilihan Desa Sedayu ini sendiri, lanjut Alin, bermula dari kegiatan agenda PSC yang sudah beberapa kali melakukan kegiatan di Desa Sedayu. Keberadaan Lansia di Desa ini menjadi salah satu alasan pemilihan lokasi.

“ini bukan kedatangan kami yang terakhir, pastinya kami akan datang lagi dengan program yang membangun, dan kedepan kami bisa bersinergis dengan semua pihak untuk bersama sama peduli lansia,”imbuhnya.


Sementara itu, Kades Sedayu Sunarso menyatakan, di Desa Sedayu terdapat seratus lebih warga yang berusia lanjut atau lansia. Menurutnya, bicara lansia tentu kita tidak hanya soal ekonomi, tapi juga perhatian, dan ini disudah diawali oleh komunitas PSC bersama lembaga lainya termasuk Ijo Organik, harapan kami akan menyusul lainya.


“Dan yang saya tekankan peduli lansia tidak harus di Desa Sedayu, tapi juga bisa didesa lain dimanapun, karena lansia memang membutuhkan perhatian dan kepedulian dari semua pihak, tidak hanya pemerintah namun juga komunitas atau lembaga swasta lainya,’ungkapnya.


Hal senada juga disampaikan Koordinator dari Pejuang Sosial Community (PSC) Karanganyar, Marfuah Dwi Nuryati. Membangun kepedulian pada lansia ini bisa dilakukan dimanapun dan oleh siapapun. Terlebih dengan kondisi saat ini (Covid 19), nasib lansia ini menjadi tanggung jawab bersama, tidak hanya pemerintah, tapi juga semua pihak tanpa melihat status, usia, profesi ataupun komunitas.


“Banyak program yang harus dilakukan pemerintah apalagi dengan kondisi saat ini, untuk itu jangan menunggu uluran pemerintah, mari bareng bareng peduli dengan sesama, termasuk salah satunya lansia, mereka juga butuh perhatian, tidak hanya kebutuhan ekonomi tapi juga dukungan psikis,”jelas Marfuah.(red)(Kra27)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...