Kamis, 16 Mei 2013

ADVOKASI PROGRAM KB TAHUN 2013

Kondisi  kependudukan saat ini baik jumlah, kualitas maupun penyebarannya merupakan tantangan pembangunan yang sangat berat yang sedang di hadapi oleh Bangsa Indonesia umumnya dan Kab. Karanganyar pada khususnya, dengan jumlah yang sangat besar tersebut ternyata tidak diimbangi dengan kualitas Sumber Daya Manusia karena dengan kualitas yang sangat rendah akan sangat memberatkan beban pemerintah.
Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Eddy Basuki menyampaikan dalam Advokasi Penggerakan KB masalah yang dihadapi saat ini belum seluruhnya pasangan yang ingin ber KB mendapatkan pelayanan sebagaimana mestinya, dan kesertaan pria dalam ber KB masih sangat rendah, demikian pula pemahaman, sikap dan perilaku remaja/generasi muda terhadap kesehatan Reproduksinyapun masih sangat rendah, begitu juga program untuk  memperkuat kesejahteraan dan ketahanan, terutama melalui pembinaan keluarga masih mengalami banyak kendala di lapangan.  Sehingga anggota Kodim 0727/Karanganyar sudah memelopori dan memberikan contoh keikutsertaan pria dalam ber KB seperti  Pelda Eko Padmono, Serma Tukiman dan Sertu Kahar yang sedang menyampaikan Testimoni di hadapan peserta Advokasi Penggerakan KB.
Setelah pelimpahan kewenangan Program KB menjadi urusan wajib Kabupaten, komitmen yang diwujudkan dalam bentuk tenaga, sarana prasarana dan anggaran masih sangat rendah dan bervariasi.    Sementara petugas lapangan (PLKB/PKB) yang merupakan ujung tombak pelaksanaan program KB jumlahnya jauh berkurang dan Idealnya seorang PLKB/PKB membina satu desa, namun kenyataan dilapangan mereka membina dua sampai empat desa.

Dengan berkurangnya tenaga pengelola program KB dilapangan selain berpengaruh pada pembinaan terhadap calon akseptor, peran institusi masyarakat yang selama ini menjadi basis pengelolaan program KB oleh masyarakat didaerahpun semakin berkurang sehingga menyebabkan lemahnya mekanisme operasional program KB yang selama ini menjadi motor penggerak pengelolaan program KB bersama masyarakat.
Kepala Badan PP.PA dan KB Kab. Karanganyar menambahkan, Program Keluarga Berencana di Kab. Karanganyar difokuskan pada Penanggulangan Pertambahan Jumlah Penduduk dan Peningkatan Kualitas Penduduk melalui pengendalian kelahiran, memperkecil angka kematian ibu melahirkan dan peningkatan kualitas dan kuantitas peserta Keluarga Berencana. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...