Rabu, 28 Desember 2011

Pembeklan GPS guna pemetaan Bencal diwilayah

PEMBEKALAN GLOBAL POSITIONING SYSTEM ( GPS )
KEPADA  PARA PRAJURIT KODIM 0727/KRA
Oleh  : MAYOR CTP. HASTO SUDIBYO LUKITO
PUSDIKTOP KODIKLAT TNI-AD SURAKARTA 
Anggota Kodim 0727/Kra sedang praktek menggunakan GPS dan PETA 
“Selama ini TNI khususnya Satuan Komando Kewilayahan telah terlibat dalam penanggulangan bencana alam,  maka titik tekannya sekarang adalah bagaimana perannya dalam penanggulangan bencana alam dapat lebih di optimalkan, bukan saja mengambil inisiatif dalam merespon bencana alam yg terjadi, tapi bagaimana mengembangkan Emergency Response atau tanggap darurat itu menjadi program yang berlanjut”.

        Itulah pengarahan dan pembekalan tentang GPS yang diberikan oleh Mayor CTP MAYOR CTP. HASTO SUDIBYO LUKITO dari PUSDIKTOP KODIKLAT TNI-AD SURAKARTA, dalam rangka memberikan pembekalan kepada seluruh prajurit Kodim 0727/Karanganyar di Aula Makodim pada tanggal 28 Desember 2011.    Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama Kodim 0727/Karanganyar, BPBD Kabupaten Karanganyar dan Pusdiktop Kodiklat TNI-AD yang berada di Solo.

Dandim 0727/Karanganyar Letnan Kolonel Inf Eddy Basuki dalam sambutannya mengatakan ; “Pelibatan TNI dalam penanganan Bencana alam merupakan suatu amanat UU 34 Tahun 2004, dimana selain tugas pokok TNI dalam Operasi Militer Perang (OMP) juga mengemban Tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dimana dimensi penugasan OMSP diimplementasikan dalam pelibatan penanganan Bencana Alam secara nyata dilapangan”.

Lebih lanjut Dandim mengatakan “Dikarenakan Bencana Alam adalah suatu bentuk eskalasi yg tidak dapat diprediksikan kapan akan terjadi,maka kegiatan Inventarisasi daerah yang memiliki potensi terjadinya Bencana alam sangat diperlukan oleh departmen terkait, termasuk Kodim 0727/Karanganyar”

        Terselenggaranya kegiatan ini bertujuan untuk supaya Kodim 0727/Kra dapat mempunyai pedoman dan kepastian prakiraan bencana yang mungkin terjadi diwilayah Kabupaten Karangnyar, sekaligus dipetakan disetiap wilayah kecamatan bahkan sampai kedesa-desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

HUT Ke 58 Korem 074/Warastratama Gelar Ziarah Rombongan

KARANGANYAR — Dalam rangka memperingati HUT yang ke 58, Korem 074/Warastratama melaksanakan ziarah rombongan dan tabur bunga yang dipimpin o...