Senin, 15 Januari 2018

Membangun Pertanian atau Pangan sama Halnya Membangun Pertahanan Negara



Karanganyar - Dasar hukum pelibatan peran TNI sudah jelas diatur dalam UU 3/2002 tentang Pertahanan Negara, UU 34/2004 tentang TNI dan Inpres No 5 tahun 2011 tentang Pengamanan Produksi Beras Nasional. Inpres ini merupakan keputusan politik yang mendasari kerjasama Kementan dengan TNI. Selanjutnya, Inpres tersebut ditindak lanjuti oleh Kementan dan TNI dengan naskah kerja sama yang dievaluasi dan perpanjang setiap tahun. Kamis (11/01/18)

Anggota Koramil 07/Matesih Serma Suwarso Salah satu contohnya, Babinsa desa Karangbangun ini tak ragu lagi membantu para petani di wilayah binaannya. Selepas kegiatan dikantor Kodim 0727/Karanganyar Bapak dengan dua anak ini, tanpa pikir panjang bergegas menuju wilayahnya. Untuk melaksanakan pendampingan petani yaitu penyiangan padi, lahan milik Bapak Sarwo (54) jenis padi Mbramo dengan luas lahan 3000m2. Dengan cekatan tangan Babinsa mencabut parasit parasit liar hama padi yang bisa mengganggu pertumbuhan.

Serma Suwarso menambahkan "Membangun pertanian atau pangan sama halnya membangun pertahanan negara karena pangan punya peran strategis yakni menyangkut urusan kebutuhan hajat hidup masyarakat. Apabila produksi pangan kurang dan ketersediaan pangan tidak merata, maka dapat mengancam pertahanan negara. Di sinilah kaitannya dengan peran TNI," urainya. 

Danramil 07/Matesih menerangkan ", Disamping terjun langsung ke petani Babinsa diharapkan bisa mengawal pemanfaatan dan pemeliharaan alat mesin pertanian melalui brigade alat mesin pertanian yang bekerja sama dinas pertanian setempat," terangnya.

Pelibatan TNI pada umumnya dalam rangka membantu pemerintah pusat dan daerah untuk mengisi kekurangan tenaga penyuluhan dan percepatan realisasi program. Menurut Danramil penyuluh merupakan salah satu ujung tombak di lapangan untuk meningkatkan produksi dan kesejahteraan petani, sehingga kekurangan tenaga penyuluhan dibantu pihak TNI. 

(07-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Serka Maryadi Pantau Penggilingan Padi Di Wilayah Binaannya

KARANGANYAR — Dalam rangka meningkatkan swasembada pangan yang dicanangkan oleh pemerintah bekerjasama dengan TNI, Serka Maryadi Babinsa Des...