Minggu, 08 Oktober 2017

Peran Babinsa dalam Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat

Kodim 0727/ Karanganyar - TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dulu lebih yang dikenal dengan nama AMD (ABRI Masuk Desa), program yang sudah lama dicanangkan oleh pemerintah, kususnya TNI itu merupakan kebijaksanaan pemerintah dalam rangka memeratakan pembangunan di pedesaan, terutama di daerah-daerah yang masih tertinggal.

TMMD ini sebenarnya bukan hanya semata-mata untuk membantu pemerataan pembangunan di pedesaan, akan tetapi juga berfungsi untuk menjalin kerjasama yang baik antara TNI, Pemerintah Daerah  dan masyarakat. Dengan cara seperti ini akan terlihat bahwa TNI dan masyarakat begitu dekat, bahkan mereka menunjukkan TNI tidak  hanya hebat di medan perang saja, akan tetapi TNI juga bisa bekerja sama dengan masyarakat, membangun dan memajukan daerah-daerah yang masih terpencil. TMMD merupakan program yang sangat positif, program yang patut untuk  dipertahankan.

Melalui TMMD masyarakat bersama aparat kewilayahan terendah (Babinsa) serta perangkat desa, berupaya mendefinisikan apa yang diperlukan untuk segera diadakan demi akselerasi pembangunan yang dapat menyejahterakan masyarakat setempat secara menyeluruh. Dalam konteks di sini, Babinsa memiliki peran sangat penting dalam rangka mewadahi aspirasi warga masyarakatnya.

Babinsa Koramil 01/Karanganyar Serda Puji Eryanto terjun langsung bersama masyarakat bahu membahu membuat jalan tembus dari Dusun Berjo II Desa Pojok Kecamatan Mojogedang menuju jalan Kelurahan Gedong Kecamatan Karanganyar. Sabtu (07/10/17)

Komandan Kodim 0727/Karanganyar, Letkol Czi Santy Karsa Tarigan, SE mengatakan kita sadar betul, bahwa tugas dan peran Babinsa (Bintara Pembina desa) merupakan ujung tombak dalam peningkatan kesejahteraan warga masyarakat, sekaligus sebagai mata telinga bagi keamanan di wilayah masing-masing. Dengan menerapkan lima kemampuan teritorial, kemampuan penguasaan wilayah dan komunikasi sosial serta kemampuan dalam mengembangkan teritorialnya, diharapkan para Babinsa dapat melakukan deteksi dan cegah dini terhadap kemungkinan berkembangnya hal-hal yang tidak kita inginkan bersama.

Babinsa dalam tugas kesehariannya harus selalu meningkatkan kemampuan dan profesionalisme, serta harus dapat melaksanakan tugas di daerah binaan masing-masing. Peran Babinsa sangat vital, Babinsa berada di barisan terdepan dari Aparat Komando kewilayahan. Namun jika peran dan fungsinya yang sangat kompleks tersebut tidak disertai dengan kemampuan yang memadai dan tanpa didukung oleh rakyat, maka kekuatan Aparat Komando kewilayahan juga akan tumpul.

Peran Babinsa sangat penting dalam mewujudkan kondisi aman di wilayah yang menjadi binaannya, bukan hanya memberikan pemahaman tentang pentingnya kondisi aman, tetapi juga dapat menjadi motivator bagi masyarakat dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayahnya.

Kita semua berharap agar para Babinsa dapat menjaga kepercayaan yang diberikan Pimpinan, terutama dalam membina wilayahnya sehingga kemanungggalan TNI dengan rakyat semakin kuat. Apresiasi yang besar juga patut kita berikan kepada pemerintah, pimpinan TNI, dan khususnya kepada anggota TNI yang terjun langsung ke daerah-daerah yang telah bersusah payah dan tidak mengenal lelah membantu pemerataan pembangunan demi kemajuan Negara Indonesia tercinta ini, pertahankan terus program  TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ini." pungkas Dandim.

(01-Pendim 0727/Kra)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...