Selasa, 03 Mei 2016

UPACARA PEMBUKAAN TMMD REGULER TAHAP I TAHUN 2016 DI DESA DAWUNG KECAMATAN MATESIH - KARANGANYAR

hari Selasa tanggal 3 Mei 2016 pukul 08.30 s.d 09.15 Wib bertempat di Lapangan Ds. Dawung Kec. Matesih Kab.Karanganyar telah dilaksanakan kegiatan Upacara pembukaan TMMD Sengkuyung tahap I TA. 2016 dengan thema ''Dengan Semangat Kemanunggalan Serta Kerjasama Lintas Sektoral  dan Lintas Komponen Bangsa, Kita Wujudkan Percepatan Desa Membangun Indonesia Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat''. Sebagai Irup Drs Juliyatmono, MM (Bupati Karanganyar).
Peserta Upacara , gabungan  TNI dan Polri, Hansip,  PPM,  LDII, Satgas KOKAM (Komando Kesiap Siagaan Angkatan Muda Muhammadiyah), Satgas  MTA, Banser, Satgas Senkom, PNS, PS SH Teratai, Pelajar dan Pramuka.

Hadir dalam kegiatan tersebut,  Letkol Czi Santy Karsa Tarigan,SE ( Dandim 0727/Karanganyar ),  Ir. Rohadi Widodo (Wakil Bupati Karanganyar), Sumanto,SH (Ketua DPRD Karanganyar), Kompol Sayit, SH ( Kabagrenc Polres Karanganyar), Endang Muryani (ketua Komisi D DPRD Karanganyar), Drs. Utomo Sidi Hidayat, MM ( Kepala pemberdayaan Masyarakat dan Desa), Sudharto, SH (Kasi Intel Kejari Karanganyar), Supramnaryo ( Ka Dinas Pertanian Kab. Karanganyar), Sumarno,MM ( DP2KAD Kab. Karanganyar),  Letkol Inf Ibrahim (Kasi Ops Korem 074/Wrt),  Para perwira Kodim 0727/Kra, Para Camat se Kab. Karanganyar, Para Kapolsek Polres Karanganyar, Para Kades Se Kec. Matesih.

 Pada kesempatan tersebut Bupati Karanganyar membaca kan amanat Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Jaswadi yang Isinya menyatakan bahwa Pembukaan TMMD dilaksanakan secara serentak di seluruh wilayah Kodam IV/Dip dan telah berlangsung selama 36 tahun yang hasil kegiatannya telah semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan sampai saat ini masih dibutuhkan sehingga keberadaan TNI untuk membangun sarana prasarana dan infrastruktur di wilayah yang membutuhkan bantuan masih sangat relevan. Mekanisme perencanaan TMMD disusun dengan sistem "bottom up planning" yang melibatkan berbagai instansi dan komponen masyarakat yang secara hierarkis diawali dari kegiatan musyawarah di tingkat kabupaten/ kota, propinsi hingga tingkat pusat dan selanjutnya ditetapkanlah sasaran TMMD.

TNI AD memiliki komitmen untuk ikut membangun bangsa dan negara bersama komponen bangsa lainnya yang sinergitas dengan program kementrian desa, pembangunan desa tertinggal dan Transmigrasi RI demi percepatan desa dalam membangun Indonesia.

Sasaran TMMD yang meliputi pembangunan fisik dan non fisik diharapkan dapat membuka isolasi antar desa di daerah-daerah terpencil dan terbelakang serta membantu lancarnya kegiatan pencapaian program swasembada pangan demikian juga non fisik mengutamakan sosialisasi/penyuluhan tentang kesadaran bela negara dan  cinta tanah air, wawasan kebangsaan, pengetahuan masyarakat bidang kesehatan kwmampuan sebagai komponen cadangan dan pendukung, pengetahuan masyarakat dibidang pertanian, perikanan dan perernakan, pengetahuan masyarakat di bidang hukum, kamtibmas, narkoba, KB dan ceramah agama.

Metode program TMMD sejalan dengan tugas Pemda dengan tema  "Dengan semangat kemanunggalan serta kerjasama lintas sektoral dan lintas komponen bangsa kita wujudkan percepatan desa membangun indonesia guna meningkatkan kesejahteraaan rakyat" maka program TMMD yang memiliki nilai yang strategis diharapkan mampu meningkatkan jiwa dan semangat persatuan dan kesatuan bangsa yang selanjutnya diimplementasikan secara benar, tepat sasaran dan sejalan dengan perkembangan daerah, sehingga tidak menimbulkan kontra produktif.

a. Sasaran fisik terdiri dari:

1) Makadam dan betonisasi jalan di dusun Talesan ke dusun Klumpit dan dusun Sukorejo dengan P. 110 m x L.3 m x T.10 cm.

2) Pembangunan talud jalan P.140 m x T. 0,80 m. Lokasi di Dsn.Talesan Ds. Dawung.

3) Pembangunan 1 unit jembatan P. 3 m x L. 3 m x T. 4,15 m, menghubungkan dari Dsn. Klumpit ke dusun Talesan dan Dsn. Sukorejo.

4) Rehab Masjid Al- Falaq ( pasang risplang,membuat tempat wudhu dan membuat tempat parkir di Dsn. Jiringan wetan Ds. Dawung.

 5) Rehab Pos Kamling 1 unit

6) Rehab RTLH sebanyak 7 unit.

b. Sasaran non fisik terdiri dari:

1) Pembinaan dan pelatihan bela negara.
2) Sosialisasi tentang Kamtibmas, bahaya Narkoba dan kenakalan remaja.
3) Sosialisasi tentang pensertifikatan tanah.
4) Keterampilan dari PKK Kab. Karanganyar dan persit Kartika Candra Kirana Cabang 48 Kodim 0727/Karanganyar.
5) Kewirausahaan/ Pemberdayaan industri kecil.
6) Pelayanan KB dan kesehatan.
7) Pembinaan moral dan kerohanian, dan
8) Hiburan rakyat.

 Waktu  pelaksanaan :

 Pra TMMD dimulai tanggal 23 April 2016 s/d 2 Mei 2016.
Pelaksanaan kegiatan TMMD sengkuyung tahap - I TA. 2016  hari "H" Selasa, tanggal 3 Mei 2016 dan penutupan pada tanggal 23 Mei 2016 (Selama 21 hari).
Pelibatan personil TMMD,
Pos Kotis, SST Kodim 0727/ Kra, Tim tehnis DPU Kab. Karanganyar, Tim Kes Kodim/ Pemda,
Unsur pendukung  terdiri dari : Polsek, Masyarakat, Linmas, Ormas, Pelajar/Pramuka dan Karangtaruna.
Dukungan anggaran dana TMMD sebesar 601.000.000,-Setelah upacara dilanjutlan dengan hiburan rakyat reog dari Pancot Tawangmangu dilanjutkan peninjauan lokasi TMMD dan ramah tamah di Balai Desa Dawung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Babinsa Kalijirak Gotong Royong Bersihkan Ranting Pohon Yang Menimpa Rumah Pak Asmo

KARANGANYAR — Telah terjadi pohon tumbang dan menimpa Rumah milik bapak Asmo dusun Sepat desa Kalijirak, kecamatan Tasikmadu, akibat hujan d...