Pages

Rabu, 17 Oktober 2012

DANRAMIL 05/MJG MENJADI IRUP DI SEKOLAH



Akibat seringnya terjadi tawuran antar pelajar dibeberapa daerah akhir-akhir ini (YANG DISIARKAN LEWAT MEDIA TELEVISI), maka di Kab. Karanganyar khususnya di Kecamatan Mojogedang melalui Muspika serta satuan kerja perangkat daerah (SKPD) berinisiatif melakukan pembinaan diseluruh sekolah-sekolah yang ada diwilayah Kecamatan Mojogedang.   Pembinaan tersebut dimaksudkan agar para pelajar tidak lagi melakukan hal-hal yang diluar kewajaran sebagai siswa/siswi sekolah serta mengeliminir aksi tawuran yang tentunya merugikan diri sendiri maupun sekolah.
Program turun kesekolah bagi Muspida/Muspika dan pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar sudah dilakukan dari tahun-tahun sebelumnya, bertujuan untuk memotivasi pelajar ditingkat SMP/MTsN, SMA/SMK dan MAN agar bersungguh-sungguh belajar menghadapi tantangan dimasa depan.   Oleh sebab itu Senin (15/10) Danramil 05/Mojogedang Kapten Inf Sukiman bertindak srelaku Pembina Upacara di SMP Negeri-2 Mojogedang dalam acara Upacara Pengibaran Bendera Hari Senin, 15 Oktober 2012.     Selaku Pembina upacara dalam kegiatan tersebut Kapten Inf Sukiman menyampaikan sambutan, antara lain mengajak pelajar untuk bersungguh-sungguh belajar guna kesiapan menghadapi Ujian Nasional (UN) yang sudah semakin dekat.  Serta para pelajar agar memfokuskan diri untuk tekun belajar sehingga dapat lulus dengan hasil yang baik, bercita-citalah untuk bisa diterima disekolah favorit di wilayah ini.
Lebih lanjut Kapten Inf Sukiman menjelaskan  tentang 4 pilar kehidupan berbangsa dan bernegara NKRI yaitu Pancasila, UUD 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, Bhinneka Tunggal Ika serta 3 unsur pokok dalam wawasan kebangsaan yaitu rasa kebangsaan, paham kebangsaan dan semangat kebangsaan.   Rasa kebangsaan merupakan sublimasi dari Sumpah Pemuda yang menyatukan tekad menjadi bangsa yang kuat, dihormati dan disegani diantara bangsa-bangsa di dunia, Paham kebangsaan merupakan komitmen bersama yang benar-benar dilandasi dengan semangat kebersamaan, senasib dan sepenanggungan, sedangkan semangat kebangsaan merupakan perpaduan antara rasa dan semangat kebangsaan. Semangat kebangsaan akan terpancar dari kwalitas dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai ancaman
Menjadi Pembina Upacara di Sekolah-sekolah diwilayah Kecamatan Mojogedang, ini dilaksanakan rutin sekali dalam sebulan yang dilaksanakan secara bergiliran.

Selasa, 16 Oktober 2012

PENGENALAN SISWA-SISWI TK NEGERI PEMBINA

TK NEGERI PEMBINA KEC. TASIKMADU, KAB. KARANGANYAR
BERKUNJUNG KE  KODIM 0727/KARANGANYAR


Indonesia adalah negara yang memiliki setumpuk warisan sejarah. Indonesia memang menyimpan banyak historis dari masa lampau Indonesia, dari zaman kerajaan, penjajahan bahkan hingga saat ini.    Sejarah memang menjadi harta yang bernilai sangat mahal dan perlu diketahui semua orang, bukan hanya untuk menimbulkan rasa nasionalisme didalam diri kita, dengan mengetahui sejarah, kita dapat membandingkan kehidupan zaman sekarang dengan masa lampau. Sudah 67 tahun TNI menjaga Indonesia, dengan begitu tak sedikit pula sejarah yang ditorehkan TNI.
Untuk itu, dalam rangka membangkitkan semangat nasionalisme di kalangan generasi muda terutama anak-anak yang masih duduk dibangku sekolah, Kodim 0727/Karanganyar bekerjasama dengan Dinas/Instansi terkait se-Kabupaten Karanganyar melaksnakan WISATA NASIONALISME.     Baru-baru ini (17/10) anak-anak TK. Negeri Pembina Kecamatan Tasikmadu, Kabupaten Karanganyar telah berjumlah 97 orang dan dipandu oleh Ibu-Ibu Guru TK Tersebut, mendatangi Makodim 0727/Karanganyar, dengan maksud memperke nalkan kepada anak anak didik Taman Kanak-Kanak, mengetahui dan mengenal lebih dekat sosok-sosok Tentara yang bertugas di Kodim 0727/Karanganyar.  
Kegiatan ini merupakan salah satu sarana dalam pembinaan dan pelestarian jiwa serta semangat kejuangan di lingkungan / jiwa anak-anak sekolah serta rakyat. Selain itu merupakan sarana yang efektif untuk mewariskan nilai-nilai juang 45 dan nilai-nilai luhur TNI 45 secara utuh dan berlanjut.  Kepribadian dan jatidiri TNI sebagai pejuang prajurit maupun prajurit pejuang dapat dicermati melalui sosok-sosok Tentara dan bertugas di Makodim 0727/Karanganyar.
        Selain itu juga dipandu dan diriwayatkan oleh pemandu tentang berbagai benda bersejarah yang berkaitan dengan TNI serta prestasi Kodim 0727/ Karanganyar serta berbagai jenis Alpal, atribut ketentaraan, dan lambang-lambang di lingkungan TNI serta perjuangan TNI,  berbagai peralatan yang pernah dipergunakan oleh TNI, dalam menghadapi lawan yang merongrong kedaulatan negara, baik di dalam negeri maupun di luar negeri.
 

Kamis, 11 Oktober 2012

SENAM POCO-POCO KODIM 0727/KARANGANYAR










Olahraga mirip obat yang mempunyai sejuta manfaat, banyak penyakit yang dapat dicegah dengan berolahraga secara teratur. Olahraga juga dipercaya sebagai sarana yang bagus untuk menggapai hidup sehat dan lebih berkualitas. Dengan berolahraga, tubuh akan menjadi sehat dan bugar bahkan mampu memotivasi pola pikir agar lebih kreatif dan inovatif, sehingga akan mampu mendukung aktivitas sehari-hari.
Senam termasuk salah satu olahraga yang sangat bermanfaat untuk penyembuhan dan terapi beberapa jenis penyakit. Salah satu senam yaitu Senam POCO-POCO merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan kreatif, berirama cepat serta bernuansa gembira. Manfaat senam adalah meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh. Untuk mencapai manfaat yang dapat diperoleh dari Senam tersebut Ibu–Ibu Persit KCK Cabang XLVIII Dim 0727 Jumat pagi tanggal 12 Oktober 2012 menggelar kegiatan Senam poco-poco bertempat dilapangan Makodim 0727/Karanganyar.    Senam Poco-poco ini selain diikuti oleh Ketua Persit KCK Cabang XLVIII Dim 0727 dan anggota Persit Cabang XLVIII Dim 0727 juga diikuti oleh seluruh anggota Kodim dan PNS Kodim 0727/Karanganyar.   Senam poco-poco ini  digelar secara rutin dengan tujuan selain untuk sehat juga untuk mempererat kebersamaan dan kekompakan diantara Ibu-ibu Persit KCK Cabang XLVIII Dim 0727.
Kegiatan Olah Raga dan senam poco-poco kali ini digerakkan oleh Ibu Eddy Basuki selaku Ketua Cabang sekaligus melaksanakan kegiatan pertemuan rutin bulanan dan di ikuti sekitar 208 orang, selesai pelaksanaan senam dilanjutkan dengan kegiatan latihan Volly Ball antar Ranting se jajaran Persit  KCK Cabang XLVIII  dalam rangka mencari bibit-bibit pemain volley generasi muda.    Dalam kesempatan yang baik ini, juga dimanfaatkan oleh Ketua Persit KCK Cabang LXVIII Ny. Eddy Basuki untuk melaksanakan pertemuan seluruh anggota, beliau menekankan bahwa Sehat adalah kenikmatan, dan sehat tidak bisa dibeli dengan uang, namun harus dijaga dengan sebaik-baiknya. Jangan biarkan sakit bersarang ditubuh, karena bila sudah sakit, kita akan mengetahui betapa nikmatnya sehat itu
Disamping itu beliau menekankan bahwa pembinaan fisik bagi ibu-ibu wajib dilaksanakan secara terus-menerus dan berkelanjutan, serta jangan malas-malasan guna menunjang pelaksanaan tugas kedepan sebagai pendamping suami.

Test Kesegaran Jasmani Periode II TA. 2012 Kodim 0727/Kra














Kodim 0727/Karanganyar mulai dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 12 Oktober 2012 bertempat disekitar Makodim dan alun-alun Kab. Karanganyar telah melaksanakan test kesemaptaan jasmani periodik TA. 2012.    Pelaksanaan test Kesemaptaan Jasmani bagi prajurit jajaran Kodim 0727/Kra tahun  ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan fisik bagi prajurit Kodim 0727/Karanganyar, disamping itu pelaksanaan seleksi Kesemaptaan Jasmani ini dilaksanakan untuk pembinaan karier prajurit Tamtama dan Bintara yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi seorang Bintara dan Perwira nantinya.

Tes Kesegaran Jasmani A, B dan Ketangkasan renang (khusus bagi anggota yang di UKP-kan) dengan jumlah pelaksana Tes sebanyak 321 orang.  Ketentuan Materi Tes yang diujikan berdasarkan pada Buku Petunjuk Teknis tentang Tes Kesemaptaan Jasmani Prajurit dan Calon Prajurit No. 203-17-20.02 PT : Jas-01a Nomor Skep/590/XII/2005 Surat Keputusan Kasad tanggal 30 Desember 2005. Dengan materi Test, terdiri atas 2 Tes Kesjas dan 1 Tes Ketangkasan, yakni : Pertama, Tes Kesjas A (Lari 12 Menit). Kedua, Tes Kesjas B (Pull Ups dan Chinning untuk wanita, Sit Ups dan Modified Sit Up untuk wanita, Push Ups dan Modifid Push Up untuk wanita, Shuttle Run). Ketiga, Tes Ketangkasan (Renang Dasar) menempuh jarak 50 Meter khusus bagi anggota Bintara dan Tamtama yang akan dinaikkan pangkatnya.

Terhadap pelaksanaan Kesemaptaan Jasmani bagi prajurit jajaran Kodim 0727/Karanganyar di test langsung dari Jasrem 074/Warastratama serta dikendalikan langsung oleh Pasiopsdim 0727/Karanganyar Kapten Inf Lili Sutardjo.  Disela-sela test Pasiops mengatakan ; Pelaksanaan Kesemaptaan Jasmani bagi prajurit jajaran Kodim 0727/Karanganyar TA. 2012 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan fisik bagi prajurit, khususnya bagi yang di UKP-kan, disamping itu pelaksanaan seleksi Kesemaptaan Jasmani ini dilaksanakan untuk pembinaan karier prajurit Tamtama dan Bintara yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi seorang Bintara dan Perwira nantinya.

         Sebelum tes kesemaptaan dimulai terlebih dahulu melaksanakan pengecekan denyut nadi awal dan tekanan darah. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan para peserta dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.   Kesegaran jasmani sangat mutlak diperlukan untuk mengetahui kemampuan jasmani para prajurit guna memenuhi persyaratan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas prajurit yang sehat dan profesional dalam melaksanakan tantangan tugas kedepan, Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 

Disamping itu Tes Kesegaran Jasmani merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap prajurit/PNS dalam pembinaan karier khususnya untuk UKP (Usul Kenaikan Pangkat). Sebelum melaksanakan tes kesegaran jasmani, masing-masing satuan sudah melaksanakan pembinaan rutin lari siang. Sehingga harapan ke depan untuk mengikuti tes kesegaran jasmani tidak ada yang mengulang (nilai dibawah ketentuan).