Selasa, 09 Oktober 2012

UPACARA HUT TNI KE 67 KODIM 0727/KARANGANYAR





Hari ini Genap 67 tahun usia TNI mengabdi kepada bangsa dalam rangkaian tugasnya menegakkan kedaulatan Negara, menjaga Keutuhan wilayah NKRI serta melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari berbagai macam ancaman dan gangguan. Seiring dengan hal itu, TNI tentunya dituntut untuk terus meningkatkan kinerjanya sesuai dengan tugas dan tanggung jawab yang diembannya. Karena semakin bertambah usia TNI, maka semakin tinggi pula tantangan yang akan dihadapi. “Ungkap Pangdam.

       Dalam amanat Panglima TNI yang dibacakan oleh Kaminvedcad Karanganyar Mayor Inf Tumingatno dikatakan bahwa TNI lahir dari pangkuan rakyat ditengah kancah perjuangan menegakkan kedaulatan bangsa dan Negara. Karena itu TNI adalah tentara rakyat, tentara pejuang, tentara nasional dan tentara profesional. Untuk itu dalam rangka mewujudkan tugas dan fungsinya, khususnya di wilayah Kabupaten Karanganyar, TNI terus berupaya mendukung program pemerintah. Disisi lain melihat kondisi masyarakat yang masih banyak mengalami ketertinggalan, maka TNI siap membantu masyarakat dalam bentuk pembangunan yang dilaksanakan. Seperti halnya dibidang pendidikan, kesehatan dan juga tempat tinggal yang layak melalui program Bhakti TNI Terpadu yang telah dilaksanakan di beberapa daerah serta melalui program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD).

        Upacara peringatan HUT TNI ke-67 tahun 2012 kali ini berlangsung di Lapangan Upacara depan Makodim 0727/Karanganyar, bertindak sebagai Irup adalah Kaminvedcad Karanganyar Mayor Inf Tumingatno dan sebagai Dan Up adalah Danramil 04/Jaten Kapten Inf Supardi.   Lebih lanjut pesan moral HUT yang disampaikan oleh Panglima TNI adalah tekad dan janji untuk meningkatkan kinerja dan kualitas pengabdian di masa-masa yang akan datang.   Disamping itu instruksi yang harus dipedomani antara lain sbb  :

Pertama ; mantapkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai landasan moral dan etika dalam pelaksanaan tugas, kehidupan prajurit, kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kedua ; Tugas Tentara itu berkaitan langsung dengan tegak atau runtuhnya negara, bersatu atau bercerainya bangsa, oleh karena itu, tempatkan tugas diatas segala-galanya.   Kobarkan terus semangat pantang menyerah, rela berkorban, serta senantiasa bersama dan bersatu dengan rakyat dalam setiap pelaksanaan tugas.

Ketiga ; junjung tinggi nilai dan semangat kebangsaan demi tetap kokohnya persatuan dan kesatuan bangsa, serta tetap tegaknya kedaulatan negara Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Keempat ; tingkatkan kewaspadaan dengan mencermati dan mengantisipasi perkembangan situasi secara terus menerus terhadap adanya ancaman yang merongrong kedaulatan dan keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kelima ; Pegang teguh disiplin keprajuritan dengan berpedoman kepada Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI, taati hukum dan hormati hak azasi manusia.

Keenam ; Bina soliditas satuan, tegakkan rantai komando dan mantapkan kesatuan komando si setiap strata kepemimpinan satuan TNI, sehingga terwujud loyalitas tegak lurus yang jelas dan tegas.

Ketujuh ; mantapkan kepemimpinan lapangan, budayakan belajar dan berlatih dengan sungguh-sungguh, benar dan baik, karena belajar dan berlatih merupakan jalan utama menuju tercapainya profesionalisme keprajuritan yang dibutuhkan sebagai garda terdepan dan benteng terakhir pertahanan dan keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

       Turut hadir dalam upacara peringatan HUT TNI ke-67 Tahun 2012 adalah Para Pasi, Danramil dan seluruh anggota dan PNS Kodim 0727/Karanganyar. Selesai pelaksanaan upacara (acara pokok), dilanjutkan  acara pemberian bantuan kepada anak yang berprestasi dibidang pendidikan, yang diterimakan oleh para orang tua siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...