Jumat, 12 Oktober 2012

Test Kesegaran Jasmani Periode II TA. 2012 Kodim 0727/Kra














Kodim 0727/Karanganyar mulai dari tanggal 11 sampai dengan tanggal 12 Oktober 2012 bertempat disekitar Makodim dan alun-alun Kab. Karanganyar telah melaksanakan test kesemaptaan jasmani periodik TA. 2012.    Pelaksanaan test Kesemaptaan Jasmani bagi prajurit jajaran Kodim 0727/Kra tahun  ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan fisik bagi prajurit Kodim 0727/Karanganyar, disamping itu pelaksanaan seleksi Kesemaptaan Jasmani ini dilaksanakan untuk pembinaan karier prajurit Tamtama dan Bintara yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi seorang Bintara dan Perwira nantinya.

Tes Kesegaran Jasmani A, B dan Ketangkasan renang (khusus bagi anggota yang di UKP-kan) dengan jumlah pelaksana Tes sebanyak 321 orang.  Ketentuan Materi Tes yang diujikan berdasarkan pada Buku Petunjuk Teknis tentang Tes Kesemaptaan Jasmani Prajurit dan Calon Prajurit No. 203-17-20.02 PT : Jas-01a Nomor Skep/590/XII/2005 Surat Keputusan Kasad tanggal 30 Desember 2005. Dengan materi Test, terdiri atas 2 Tes Kesjas dan 1 Tes Ketangkasan, yakni : Pertama, Tes Kesjas A (Lari 12 Menit). Kedua, Tes Kesjas B (Pull Ups dan Chinning untuk wanita, Sit Ups dan Modified Sit Up untuk wanita, Push Ups dan Modifid Push Up untuk wanita, Shuttle Run). Ketiga, Tes Ketangkasan (Renang Dasar) menempuh jarak 50 Meter khusus bagi anggota Bintara dan Tamtama yang akan dinaikkan pangkatnya.

Terhadap pelaksanaan Kesemaptaan Jasmani bagi prajurit jajaran Kodim 0727/Karanganyar di test langsung dari Jasrem 074/Warastratama serta dikendalikan langsung oleh Pasiopsdim 0727/Karanganyar Kapten Inf Lili Sutardjo.  Disela-sela test Pasiops mengatakan ; Pelaksanaan Kesemaptaan Jasmani bagi prajurit jajaran Kodim 0727/Karanganyar TA. 2012 ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan fisik bagi prajurit, khususnya bagi yang di UKP-kan, disamping itu pelaksanaan seleksi Kesemaptaan Jasmani ini dilaksanakan untuk pembinaan karier prajurit Tamtama dan Bintara yang akan mengikuti seleksi untuk menjadi seorang Bintara dan Perwira nantinya.

         Sebelum tes kesemaptaan dimulai terlebih dahulu melaksanakan pengecekan denyut nadi awal dan tekanan darah. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan para peserta dan menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.   Kesegaran jasmani sangat mutlak diperlukan untuk mengetahui kemampuan jasmani para prajurit guna memenuhi persyaratan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Diharapkan dapat meningkatkan kualitas prajurit yang sehat dan profesional dalam melaksanakan tantangan tugas kedepan, Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. 

Disamping itu Tes Kesegaran Jasmani merupakan syarat yang harus dipenuhi oleh setiap prajurit/PNS dalam pembinaan karier khususnya untuk UKP (Usul Kenaikan Pangkat). Sebelum melaksanakan tes kesegaran jasmani, masing-masing satuan sudah melaksanakan pembinaan rutin lari siang. Sehingga harapan ke depan untuk mengikuti tes kesegaran jasmani tidak ada yang mengulang (nilai dibawah ketentuan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...