Kamis, 23 Februari 2012

BENCANA ALAM DI WILAYAH KODIM 0727/KARANGANYAR

BENCANA ALAM DI WILAYAH KODIM 0727/KARANGANYAR
PADA TANGGAL 22 PEBRUARI 2012



      Wilayah Kodim 0727/Karanganyar bagian timur dan selatan rawan bencal tanah longsor, dan angin puting beliung sedangkan bagian barat dataran rendah rawan bencal banjir akibat luapan sungai bengawan solo khususnya wilayah Koramil-03/Kebakkramat, Koramil-04/Jaten dan Koramil-17/Gondangrejo.
       Pada tanggal 22 Pebruari 2012 , Di 7 Koramil jajaran Kodim 0727/Karanganyar terjadi bencal Banjir dan Tanah longsor akibat hujan lebat, antara lain : Di Desa Papahan, Kec. Tasikmadu jembatan Gabakan tertutup longsoran bambu sehingga RS PKU dan Rumah warga terendam air, kerugian personil ( Nihil ) & Materiil masih dlm penghitungan. Di Desa Sewurejo, Kec. Mojogedang 1 rumah kelongsoran tanah, Rumah Bp.Darso Waluyo, 54 th, Islam, Tani, kerugian  personil  ( Nihil ) & Materiil Rp. 2.000.000,- Di Dusun Banjar, Desa Gerdu, Kec. Karangpandan, terjadi tanah longsor mengakibatkan 1 orang meninggal dunia tertimbun longsoran tanah A.n. Bp. Reso Wiyono, 65 th, Islam dan kerugian materiil rumah yang kelongsoran tanah, rusak berat maupun ringan sebanyak 78 rumah,  kerugian ditafsir kurang lebih Rp. 500.000.000,- Di Desa Girilayu, Kec. Matesih tanah longsor kerugian personil ( Nihil ) dan Kerugian materiil 80 rumah kelongsoran tanah, kerugian ditafsir Rp.367.000.000,- serta merusak saluran Irigasi dan persawahan sedangkan di Dusun Klangon kulon, Desa Gantiwarno  Kec. Matesih, arah ke Kelurahan Gayam Dompo jembatan putus kerugian ditafsir Rp. 100.000.000,-  Di Desa Plumbon, Kec.Tawangmangu terjadi tanah longsor sepanjang 15 m, Tinggi  8 m, mengakibatkan menutup jalan raya arah Karangpandan-Tawangmangu, kerugian personil ( Nihil ) dan Meteriil :  Rmh Bp.Padmo Wiyono kelongsoran tanah ditafsir Rp.3.000.000,- dan Rmh Bp. Tukiman ditafsir Rp. 7.000.000,- Di Ds Nglegok, Ds Ngargoyoso dan Desa Girimulyo, Kec. Ngargoyoso, terjadi bencal tanah longsor kerugian personil ( Nihil ) dan Materiil 47 rumah kelongsoran tanah dan merusak saluran irigasi, kerugian ditafsir Rp. 50.000.000,- Di Ds Sidomukti, Kec. Jenawi terjadi tanah longsor, kerugian personil A.n Bp. Atmo Padino, luka ringan sdh dibawa ke Puskesmas dan kerugian Materiil 4 Rmh kelongsoran tanah masih dalam penghitungan.
       Langkah-langkah yang diambil oleh Muspida Kab.Karanganyar, mengecek kelokasi bencana alam untuk melaksanakan evakuasi satu orang yang tertimbun longsoran tanah dan menghibau kpd masyarakat agar waspada dengan musim hujan yang mengakibatkan bencana alam serta TNI, Polri, Ormas ,Masyarakat melaksanakan Karya Bhakti untuk membersihkan longsoran tanah dan menyelamatkan barang-barang yang masih dapat dipergunakan selanjutnya mendata kerugian dilaporkan ke Komando Atas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Musrenbang Kabupaten Karanganyar Tahun 2024

KARANGANYAR — Komandan Kodim 0727/Karanganyar Letkol Inf Andri Army Yudha Ardhitama, S.I.P., menghadiri Musrenbang Kabupaten Karanganyar di ...